Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Selasa, 04 Oktober 2016

Alat musik Angklung

Pada kesempatan kaliini saya akan membahas tentang alat musik Angklung.

      Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional suku sunda, Indonesia,yang dimsinksn dengsn csrs di goyangkan bunyi yang di hadilkan berasal dari benturan badan pipa bambu sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2,3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Adapun sebagian besar laras nadayang digunakan pada musik angklung adalah salendo dan pelog.




Bahan dasar pembuatan alat musik ini  adalah terbuat dari bambu khusus yang di temukan oleh bapak Daeng Sutigna sekitar tahun 1938. Sepeninggal Daenga Sutigna, kreasi kesenian angklung diteuskan oleh mang ujo dan Erwin anwar. Bahkan Mang ujo telah membuat pusat pembuatan dan pengembangan kreasi angklung yang di sebut “Saung angklung Mang Ujo” yang berlokasi di padasuka, Cicaheum, bandung, Jawa barat. Sejak bulan November 2010, angklung sudah terdaftar sebagai Kaya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manisia dan UNESCO.
       Apa bila dilhat dari jumlah pamainnya, maka pamain angklung dapat berjumlah hingga 50 orang, bahkan hinga 100 orang, dan dapat di padukan dengan alat musik lain seprti piano, organ, gitar, dan drum. Selain sebagai alat kesenian, angklung juga dapat digunakan sebagai suvenir atu buah tangan setelah dihiasi berbagai  aksesoris lainnya.
       Jika dilihst dari jenisnya, maka alat musik angklung dapat di kelompokkn menjadi beberapa bagian, antara lain sebagai berikut.


1.    Angklung kanekes



Angklung ini berasal dari daerah kankes. Alat musik ini tidak hanya digunakan untuk alat musik saja, tetapi juga digunakan sebagai sarana hiburan ketika masyarakat setempatsedang menanam padi di huma atau lading.









2.    Angklung Dogdog Lojor

Angklun dogdog lojor merupakan jenis angklung yang penggunaanya berhubungan dengan kesenian bernama Dogdog Lojor yang terdapat didaerah sekitar gunung halimun (berbatasan dengan Jakarta, Bogor, dan Lebak).






3.    Angklung gubrak

Angklung jenis gubrak ini berasal dari daerah cipining, kecamatan Cigudeg, Bogor. Angklung jenis ini banyak digunakan sebagai penghormatan kepada Dewi padi dalam kegiatan melak pare (menanam padi) njjel pare (mengangkut padi) dan ngkadiukun (menempatkan) ke leuit 
(lumbung).





4.    Angklung badeng

Anklung jenis ini banyak digunkn sebgai alat musik didalam kesenian musikayang brnma badeng yang terdapat didesa sanding, kacamatan malangbong, Garut.




Mungkin Hanya itu yang saya postingkan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: