Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 06 Agustus 2016

Organisasi yang Bersifat Sosial Kemasyarakatan

a. Gerakan Tiga A
    Untuk mendapatkan keuntungan rakyat indonesia, jepang membentuk sebuah perkumpulan yang dinamakan Gerakan Tiga A (3A). perkumpulan ini dibentuk pada tanggal 29 maret 1942. sesuai dengan namanya, perkumpulan ini memiliki tiga semboyan, yaitu Nippon Cahaya Asia, Nippon Pelindung Asia, dan Nippon Pemimpin Asia. sebagai pimpinan Gerakan Tiga A, bagian propaganda jepang (Sedendu) telah menunjuk bekas tokoh parindra jawa barat yakni Mr. Syamsudin sebagai ketua dengan dibantu beberapa tokoh lain seperti K. Sutan Pamuncak dan Moh. Saleh.

    Jepang berusaha agar perkumpulan ini menjadi wadah propaganda yang efektif. oleh karena itu, diberbagai daerah di bentuk komite-komite. sejak bulan mei 1942, perhimpunan itu mulai diperkenalkan kepada masyarakat melalui media massa. didalam Gerakan Tiga A juga dibentuk subseksi islam yang disebut "Persiapan Persatuan Umat Islam". subseksi islam dipimpin oleh Abikusno Cokrosuyoso.
   
    Ternyata sekalipun dengan berbagai upaya, Gerakan Tiga A ini kurang mendapat simpati dari rakyat. Gerakan Tiga A hanya berumur beberapa bulan saja. jepang menilai perhimpunan itu tidak efektif. bulan desember 1942 Gerakan Tiga A dinyatakan gagal. mengapa "Gerakan Tiga A" ini dinyatakan gagal oleh jepang, kira-kira apa alasannya ?

b. Pusat Tenaga Rakyat
      "Gerakan Tiga A" telah gagal. kemudian jepang berusaha mengajak tokoh pergerakan nasional untuk melakukan kerja sama. jepang kemudian mendirikan organisasi pemuda, pemuda asia raya dibawah pimpinan sukardjo wiryopranoto. organisasi itu juga tidak mendapat sambutan rakyat. jepang kemudian membubarkan organisasi itu.

      Dukungan rakyat terhadap jepang memang tidak seperti awal kedatangannya. hal ini sangat mungkin juga karena sikap dan tindakan jepang yang berubah. seperti telah disinggung didepan, jepang mulai melarang pengibaran bendera merah putih dan yang boleh dikibarkan hanya bendera hinomaru serta mengganti lagu indonesia raya dengan lagu kimigayo. jepang mulai membiasakan mengganti kata-kata banzai (selamat datang) dengan bakero (bodoh). masyarakat mulai tidak simpati terhadap jepang. "Saudara Tua" tidak seperti yang mereka janjikan.


      Sementara perkembangan perang asia timur raya mulai tidak menggembirakan. kekalahan jepang diberbagai medan pertempuran telah menimbulkan rasa tidak percaya dari rakyat. oleh karena itu, jepang harus segera memulihkan keaddaan. jepang harus bekerja sama dengan tokoh-tokoh nasionalis terkemuka, antara lain sukarno dan moh. hatta. karena sukarno masih ditahan dipadang oleh pemerintah hindia belanda, maka segera dibebaskan oleh jepang. tanggal 9 juli 1942 sukarno sudah berada dijakarta dan bergabung dengan moh. hatta.

Buku Ini Bersumber Dari Sejarah Indonesia Yang Pernah Saya Baca....??

Tidak ada komentar: