Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Kamis, 04 Agustus 2016

Pengertian GATEWAY Beserta Fungsinya

Macam-macam perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya.
 Adapun macam-macam perangkat keras jaringan komputer yang dapat kita temui dalam arsitektur jaringan komputer pada umumnya terdiri dari :
11. GATEWAY

 Pengertian Gateway
    Dalam bahasa indonesia, istilah gateway dapat diartikan sebagai 'gerbang jaringan'. sementara pengertian dari gateway itu sendiri yakni perangkat berupa hardware atau software dalam jaringan komputer, yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer lainnya yang menggunakan protocol komunikasi yang berbeda.
 Umumnya penggunaan gateway lebih sering diterapkan pada jaringan komputer dengan skala yang besar. alhasil penggunaan gateway jadi jarang ditemukan dan menimbulkan kesalahan persepsi di kalangan pengguna jaringan komputer yang kerap menganggap bahwa gateway memiliki definisi dan konsep cara kerja yang sama seperti router. padahal jika ditelusuri lebih dalam, sebenarnya gateway dan router memiliki detail cara kerja yang berbeda dan tidak bisa dikatakan sama begitu saja.

=> Fungsi Gateway

 Fungsi gateway yakni untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan jaringan lainnya meski kedua jaringan tersebut menggunakan protocol komunikasi yang berbeda. sederhananya gateway adalah yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga dapat saling bertukar data antar komputer yang berbeda-beda.

Tidak ada komentar: