Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Senin, 01 Agustus 2016

Pengertian Topologi RING plus kelebihan dan kekurangannya

Topologi Jaringan Komputer merupakan sebuah konsep atau cara yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. setiap model dari topologi jaringan itu sendiri akan memiliki perbedaan antara lain perbedaan dari segi biaya untuk membuatnya, kecepatan dalam mentransfer data dan juga kemudahan dari segi pembuatan dan maintenancenya. dari pengertian tadi apabila sobat komputer akan membangun jaringan komputer, sobat dapat menentukan model topologi mana yang nantinya sobat gunakan.
   Salah satu topologi jaringan komputer yang sering digunakan
2. Topologi Ring
  Pada model topologi ring setiap komputer akan dihubungkan dengan komputer lainnya secara terus menerus dan kemudian akan terhubung lagi ke komputer pertama, sehingga pada modeljaringan ini akan membentuk lingkaran atau ring, topologi ini menggunakan kabel coaxial serta konektor BNC, untuk dapat berkomunikasi topologi ini menggunakan data token yang digunakan sebagai pengontrol hak akses komputer untuk menerima data yang dikirimkan. 
CONTOHNYA : apabila komputer 1 akan mengirimkan data ke komputer 3, maka data yang dikirim akan melewati komputer 2 dan kemudian komputer 3, apabila ip addres komputer yang dituju tidak cocok maka data akan diteruskan sampai ip addres tujuan yang cocok.

  *kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer ring.
a. kelebihan dari model topologi ring adalah kemudahan dari segi pembuatannya, tidak hanya itu topologi ini dapat menghindari tabrakan data file yang dikirim dari masing-masing komputer, selain itu dari segi penggunaan jumlah kabel LAN, topologi ini juga bisa dikatakan iirit srhingga dapat menekan biaya pembuatannya, status komputeryang terhubung pada topologi ring ini bersifat sama.


b. kekurangan dari model topologi ring adalah apabila salah satu dari komputer atau kabel yang terkoneksi dibjaringan mengalami error maka semua proses pengiriman data dalam jaringan akan terganggu. selain itu sulitnya pengembangan topologi model ring ke arah yang lebih luas juga menjadi salah satu kekurangan dari model topologi ini.

Tidak ada komentar: