Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Kamis, 04 Agustus 2016

Pengertian ROUTER Beserta Fungsinya

Macam-macam perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya.
 Adapun macam-macam perangkat keras jaringan komputer yang dapat kita temui dalam arsitektur jaringan komputer pada umumnya terdiri dari :
10. ROUTER
 Pengertian router
  yaitu salah satu perangkat keras dalam jaringan komputer yang dilrngkapi oleh Network Operating System sehingga dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. sederhananya router digunakan untuk membagi protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, dengan begitu maka protocol bisa di sharing ke beberapa perangkat jaringan lainnya sekaligus.
 Router memiliki kemampuan untuk menyaring atau memfilterdata yang lalu lalang dijaringan berdasarkan aturan atau protocol tertentu. jika di sederhanakan, router adalah alat yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data agar data tersebut dapat sampai ke tujuannya. router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah sinyal berdasarkan alamat tujuan dan alamat masal. jika dibandingkan dengan bridge yang dapat mengetahui alamat masing-masing komputer pada masing-masing jaringan sisi jaringan, router justru dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi yang paling sibuk dan router juga dapat menarik data dari sisi yang sibuk tersebut.
=> Fungsi Router
 Sekilas fungsi router, mirip dengan fungsi perangkat keras jaringan komputer lainnya seperti hub/switch. hanya saja jika switch lebih berfungsi sebagai penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu local area network (LAN), router memiliki kemampuan yang lebih luas lagi karena berfungsi sebagai penghubung antara beberapa jaringan untuk meneruskan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya seperti jaringan model LAN, MAN, bahkan WAN.

Tidak ada komentar: