Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 07 Agustus 2016

Tokoh Penting Ir. Sukarno

Banyak tokoh penting yang berperan di berbagai peristiwa di sekitar proklamasi. beberapa tokoh penting itu antara lain sebagai berikut.

 Ir. Sukarno
    Sukarno atau bung karno, lahir di surabaya tanggal 6 juni 1901. sudah aktif dalam berbagai pergerakan sejak menjadi mahasiswa dibandung. tahun 1927, bersama kawan-kawannya mendirikan PNI. oleh karena perjuangannya, ia sering kali keluar-masuk penjara. kemudian pada zaman jepang, ia pernah menjadi ketua 
putera, chuo sangi in dan PPKI, serta pernah menjadi anggota BUPKI.


 Begitu tiba ditanah air, dari perjalannya ke saigon, sukarno menyampaikan pidato singkat. isi pidato itu antara lain, pernyataan bahwa indonesia sudah merdeka sebelum jagung berbunga. hal ini semakin membakar semangat rakyat indonesia bersama Moh. Hatta, sukarno menjadi tokoh sentral yang harus didesak oleh para pemuda agar segera memproklamasikan kemerdekaan indonesia,sampai akhirnya ia harus di ungsikan di rengasdengklok. sepulangnya dari rengasdengklok ia bersama Moh. Hatta dan ahmad subarjo merumuska teks proklamasi, dan menuliskannya pada secarik kertas. sukarno bersama Moh. Hatta diberi kepercayaan untuk menandatangani teks proklamasi tersebut.


 Tanggal 17 agustus 1945, peranan sukarno semakin penting. secara tidak langsung ia terpilih menjadi tokoh nomor 1 di indonesia. sukarno dengan di dampingi Moh. Hatta, diberi kepercayaan membacakan teks proklamasi sebagai pernyataan kemerdekaan indonesia. oleh karena itu, sukarno dikenal sebagai pahlawan proklamator. sukarno wafat pada tanggal 21 juni 1970 dan di makamkan di blitar.

Buku Ini Bersumber Dari Buku Sejarah Indonesia Yang Telah Saya Baca...??

Tidak ada komentar: