Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Senin, 01 Agustus 2016

Pengertian Topologi STAR plus kelebihan dan kekurangannya

Topologi Jaringan Komputer merupakan sebuah konsep atau cara yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. setiap model dari topologi jaringan itu sendiri akan memiliki perbedaan antara lain perbedaan dari segi biaya untuk membuatnya, kecepatan dalam mentransfer data dan juga kemudahan dari segi pembuatan dan maintenancenya. dari pengertian tadi apabila sobat komputer akan membangun jaringan komputer, sobat dapat menentukan model topologi mana yang nantinya sobat gunakan.
  Salah satunya topologi jaringan komputer yang sering digunakan

 Topologi Star
  Model topologi jaringan yang satu ini sangat unik karena membentuk bintang. untuk dapat menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain, topologi ini membutuhkan perangkat hub dan switch dan kabel yang digunakan adalah kabel jenis UTP dilengkapi konektor RJ45. perangkat hub atau switch bertugas untuk mengontrol data dan menjadi pusat dari jaringan ini. jadi apabila ada pengiriman data dari komputer 1 menuju ke komputer 2, maka hub atau switch yang menentukan IP komputer mana yang akan dituju tanpa melewati komputer yang lainnya. dewasa ini topologi ini paling sering digunakan karena banyak sekali kelebihannya dibanding model topologi jaringan bus dan ring.

 *kelebihan dan kekurangan topologi star yaitu sebagai berikut.
a. kelebihan topologi star adalah topologi ini sangatlah flexible dan untuk mendeteksi apabila terjadi gangguan pada komputer yang terhubung ke jaringan, mengontrol jaringan dapat dilakukan dengan sangat mudah, dan juga apabila kita akan menambah atau mengurangi komputer juga tidak akan mrngalami kesulitan. pada model topologi jaringan star juga memiliki tingkat keamanan data yang lebih tinggi dibandingkan dengan model topologi jaringan lainnya.


b. kekurangan topologi star adalah untuk membangun jaringan ini, kita memerlukan biaya yang tinggi, karena model dari topologi ini memerlukan banya kabel serta pengadaan switch/hub, topologi ini sangat tergantung pada switch/hub dari faktor ke stabilannya, sehingga apabila komponen switch atau hub mengalami kerusakan atau gangguan maka seluruh jaringan juga akan mengalami gangguan.

Tidak ada komentar: