Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Selasa, 02 Agustus 2016

Pengertian NIC (Network Interface Card)

Macam-macam perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya.
    Adapun macam-macam perangkat keras jaringan komputer yang dapat kita temui dalam arsitektur jaringan komputer pada umumnya terdiri dari :

 NIC (Network Interface Card)

 Pengertian NIC (Network interface Card) dalam bahasa indonesia, NIC atau network interface card dapat diartikan sebagai kartu jaringan, namun istilah yang lebih popuker untuk menyebut NIC adalah Ethernet card atau LAN card.
  NIC (Network Interface Card) merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang menyediakan media untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya.
 saat ini ada beberapa jenis pengaplikasian yang dilakukan untuk menanamkan NIC kedalam sebuah komputer. ada yang sudah terintegrasi dengan motherboard, kemudian ada juga yang berupa kartu dan ditancapkan ke slot ekspansi motherboard, lalu yang paling canggih adalah Nic yang berupa USB. meskipun tren jaringan komputer yang memanfaatkan Nic sudah mulai tergeser dengan adanya WIFI yang lebih praktis dan efisien, namun NIC masih umum digunakan sampai saat ini.
 jenis NIC atau kartu jaringan yang umum ditemui saat ini biasanya terdiri dari dua jenis yaitu :
- NIC yang bersifat fisik
  NIC yang bersifat fisik adalah kartu jaringan yang berwujud fisik seperti ethernet dan token ring.
- NIC yang bersifat logis
  NIC yang bersifat logis yaitu loopback adapter dan dial-up adapter.
pada setiap NIC akan memiliki nomor alamat yang disebut sebagai MAC addres yang dapat bersifat statis ataupun dinamis. pada kartu jaringan tersebut terdapat sebuah port untuk kabel jaringan, disinilah tempat RJ45 dari kabel UTP di colokkan agar bisa terhubung ke sebuah jaringan komputer. NIC yang sedang bekerja akan dapat terlihat dari lampu indikator yang menyala di kartu jaringan tersebut.
  Fungsi NIC (Network Interface Card)
pada dasarnya agar dapat dijalankan dalam suatu jaringan, NIC harus terpasang didalam komputer client dan komputer server. fungsi perangkat keras jaringan komputer yang satu ini terbagi menjadi 2 yaitu :
- sebagai piranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer.

- sebagai piranti yang menyediakan pengelamatan secara fisik. yang mana hal ini sekaligus menegaskan bahwa NIC memiliki kode tertentu yang unik.

Tidak ada komentar: