Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Rabu, 03 Agustus 2016

Pengertian HUB dan Fungsinya

 HUB

  Pengertian HUB yaitu komponen jaringan yang memiliki colokan (port-port), yang umumnya digunakan untuk menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server atau perangkat jaringan lainnya.. sederhananya, HUB merupakan media transmisi untuk menghubungkan beberapa kabel jaringan sekaligus. atau jika di analogikan sebagai sebuah jembatan, maka bisa dikatakan bahwa hub merupakan jalan yang menghubungkan beberapa kota atau provinsi. jumlah port yang terdapat pada sebuah hub biasanya beragam, ada yang 8, 16, 24, atau 32 port. hub juga merupakan perangkat keras jaringan yang populer dipakai untuk membangun topologi bintang, dimana kabel Twisted Pair yang berasal dari sebuah workstation masuk ke dalam hub.
- Keuntungan menggunakan hub adalah fleksibilitas yang dimiliki, sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi. akan tetapi hub tidak mampu membaca data dan tidak mengetahui sumber dari tujuan paket-paket yang dilepaskan melalui hub tersebut.
- Fungsi Hub

Fungsi Hub sangat vital sekali terhadap jaringan komputer karena perangkat keras jaringan komputer yang satu ini merupakan penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang kemudian menyalurkan sinyal atau transmisi ke seluruh komputer disebuah jaringan tertentu. hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambumg ke perangkat keras komputer lainnya. saking pentingnya, Hub yang berpengaruh besar terhadap cepat atau lambatnya proses koneksi didalam suatu jaringan komputer mengalami gangguan atau bahkan lumpuh.

Tidak ada komentar: