Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 26 Juni 2016

Betina Yang Cerdik-dalam dongeng si kancil




  ada seekor ayam betina hidup sendiri. ia tinggal dirumahnya yang terletak ditengah kebun pinggiran hutan. setiap hari ia keluar dari rumahnya untuk mencari makan. setelah kenyang ia pulang dan menutup pintu rumahnya rapat-rapat. sedang di hutan terdapat srigala kecil yang hidup berrsama ibunya. srigala ini tiap harinya mendengar suara ayam betina yang berbunyi,"kuk, kuk, kuk, kuk, kuk, kuk,". ia pun berpikir mengenai ayam betina itu dan bergumam, "ah, andai saja aku mampu menerkap ayam betina ini dan memakannya, pasti dagingnya enak sekali.
 berulang kali ia berusaha untuk menerkam ayam betina itu namun tidak pernah berhasil. karena setiap kali sang srigala melihat ayam betina ini dan bersiap menuju ke arahnya untuk menerkamnya, ayam betina itu telah mengetahuinya lebih dulu dan segera berlari kerumahnya. lalu menutup pintu rumahnya.
pada suatu hari, srigala itu berkata pada induknya, "bu, aku akan pergi untuk menerkam ayam betina. aku akan membawanya kesini agar kita bisa memasaknya,"
 kamu sebelumnya pernah berusaha tapi tak pernah berhasil, lalu apa manpaatnya kepergianmu hari ini?"
srigala itu pun berkata, "aku tidak akan kembali hari ini sebelum membawa ayam betina itu",induknya lalu memberinya sebuah kantong yang telah dibuatnya untuk srigala kecil. kantong ini besar sekali dan muat untuk ayam betina itu. srigala kecil pun pergi dan bersembunyi di belakang rumah si ayam betina. ia menunggu cukup lama sambil membayangkan betapa lezat daging ayam betina itu jika dimasak.
 sore harinya ayam betina itu pulang dan hendak masuk kerumah. namun perasaannya tidak enak. ada sesuatu yang tak beres. ia bergerak dengan hati-hati. srag! nah, srigala itu langsung  menyerang ayam betina itu.
 namun ayam betina itu loncat dan terbang ke bagian atas rumahnya. ayam itu lalu nemplok berdiri dipagar. sedangkan srigala sendiri berdiri dibawahnya. stigala itu lalu berkata, "kesini, turunlah kita bermain bersama. kesinilah kita adalah kawan.".
ayam betina itu berkata, "selamanya aku tidak akan turun untukmu. aku tidak percaya padamu".
srigala itu berdiri di bawah ayam betina dan berkata, "aku akan bermain sekarang agar aku bisa memperlihatkan padamu bagaimana kita bisa bermain bersama", srigala itu pun mulai berputar sekitar dirinya,berputar lagi,berputar lagi dan terus berputar.
 ia juga berputar mengelilingi sekitar ayam betina yang ada di atas. mula-mula si ayam tertarik, namun lama-lama ia bingung dan pusing, tak lama kemudian ia jatuh ketanah.
srigala pun langsung menerkamnya dan meletakannya kedalam kantong lalu membawanya pergi. ia bermaksud pulang kembali ke induknya. wajahnya berseri-seri. "bakal makan enak aku kali ini!" katanya dalam hati. perjalanannya lama sekali. rumah sang srigala jaraknya cukup jauh dari rumah ayam betina itu.
ditengah jalan srigala merasa keletihan. lalu ia meletakan kantong itu untuk beristirahat. lalu ayam betina itu sadar dan mengetahui bahwa ia sedang didalam kantong. lalu apa yang di lakukan? dikantong itu terdapat celah yang tidak sempat di perhatikan oleh srigala itu. lalu ayam betina memperlebar lagi hingga celah itu muat untuk ayam itu keluar dari kantong si srigala.
 lalu ia keluar dari kantong itu, ada sebongkah batu di tanah, dengan sikap ia meletakannya didalam kantong. lalu ia lari secepatnya. srigala itu tidak merasa mengenai apa yang sedang terjadi karena ia begitu keletihan.
setelah istirahat dirasa cukup, srigala itu pergi dengan membawa kantong kerumahnya. ketika ia telah dekat dengan rumahnya, ibunya keluar untuk menyambutnya. melihat kantong yyang berat, induknya juga bergembira. mereka berkeliaran ke arah kuali. lalu srigala itu masuk dan berkata, "angkat tutup kuali itu juga sekarang bu?". angkatlah dan saya akan membuka kantong ini tepat diatasnya dan meletakan ayam betina itu".
induknya itupun mengangkat tutup kuali dan srigala membuka kantong dan menjatuhkan apa yang ada di dalam kantong itu. lalu ada sesuatu yang jatuh. "blugh..."air pun mendidih dan menumpahi srigala dan ibunya. tubuh dan wajah keduanya terkelupas karena dan keduanya menjerit.

 ketika keduanya mengibaskan air panas dari tubuh keduanya, rasa sakitnya hilang, ia lalu menuju kuali itu untuk mengeluarkan ayam betina, namun keduanya tidak menemukannya! mengapa kedua.ya tidak menemukannya?

Tidak ada komentar: