Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Selasa, 28 Juni 2016

Umar Wirahadi Kusuma dan Sudharmono


4. UMAR WIRAHADIKUSUMA : wakpres RI ke 4 : 19 maret 1983-1988
 lahir       : situraja, sumedang jawa barat 10 oktober 1924
 agama      : islam
 pendidikan   : SD, SLTP, SLTA, unpad, seskoad.
 pengalaman   : pangdam v / jaya kasad, ketua BPK.
   JEND. (PURN) UMAR WIRAHADIKUSUMAH, memulai pendidikan ketentaraan pada zaman jepang di seinendojo, tangerang jawa barat, kemudian ke PETA. awal tahun berikutnya sebagai wakil kepala staf resimen X, tasikmalaya dengan pangkat kapten, sehingga menjabat sebagai ajudan. setelah itu pengawal divisi siliwangi, hingga menjadi komandan resimen X / galuh diivisi siliwangi.
  ia juga pernah menjabat komandan pusat kavaleri, dan pangdam XV/patimura di maluku, ketika betpangkat letkol sebagai komandan resimen tempur siliwangi 1958, selanjutnya menjadi komandan KMKB (komando meliter kota besar) jakarta raya, pangkatnya naik menjadi kolonel dan 2 kemudian menjabat pangdam jaya.
  umar di nilai sukses menumpas G.30 S/PKI (1965) ketika menjadi pangdam V/jaya, karena itu ia di angkat menjadi pangkostrad menggantikan mayjend soeharto, beberapa kemusian di beri tugas baru sebagai pangkolaga (panglima komando mandala siaga). tugasnya berhasil, sehingga kemudian umar di orbitkan sebadi wakil kasad, dan 2 tahun kemudian menjadi kasad (1969-1973).
 selepas dari kasad sudah di siapkan tugas baru bagi umar, memimpin bDan pemeriksa  keuangan (BPK). banyak kasus yang ditangani BPK ketika di bawah kepemimpinannya. tetapi karena umar tak suka gembar-gembor sehingga keberhasilannya itu hanya sedikit orang yang tahu. yang jelas, orang yang me.empatkannya disana yakin benar akan prestasi umar. itulah sebabnya setelah masa tugas BPK habis (1983), umar wirahadikusuma di pilih menjadi wakil presiden RI ke 4.
 umar wirahadikusuma terpilih sebagai wapres tanpa terduga-duga, sebab umar saat itu sama sekali tak menunjukan tanda-tanda berambisi menduduki jabatan tersebut.







5. SUDHARMONO : wakpres RI ke 5 : 1988-1993
 lahir      : gresik, jawa timur,12 maret 1927
 agama     : islam
 pendidikan  : SD, SLTP, SLTA, PTHM/FHUI lulus (1962).
 pengalaman  : menteri sekretaris negara (15 tahun), ketua golkar 5tahun.
   LET JEND. (PUR) H. SUDHARMONO SH, menjadi yatim piatu sejak kecil. ibundanya, Ny.sukarsi, meninggal ketika melahirkan adiik bungsu sudharmono (1930). ayahnya, R,wiredirejo menyusul 6bulan kemudian. bersama dua saudaranya, soenar dan siti sukarni, sudharmono lalu ikut pamannya yang menjadi juru tulis desa di jombang.
  pada tahun 1937, sudharmono pindah ke rembang,jawa tengah,tinggal bersama kakeknya, R.soemidiharjo, pensiunan asisten wedana. DHR,panggilan sudharmono lulus SD (HIS) tinggal bersama pakdenya di semarang,lalu melanjutkan SMP pendrik. sudharmono menempuh SMA-nya sambil berjuang, kemudian ia masuk akademi hukum militer/pergurua.n tinggi militer (AHM/PTHM), lalu fakultas hukum universitas indonesia (lulus 1962). menjadi jaksa tentara di medan merangkap perwira staf penguasa perang tertinggi.

 sudharmono menjabat sekretaris kabinet merangkap sekretaris stabilitas ekonomi (1966-1972). selama di pemerintahan tak suka mengesankan dirinya paling dekat dengan presiden atau juga dengan rakyat. semangat kerjanya yang di bina sejak kecil tak kunjung pupus. sudharmono selalu mengingat,semula tak punya apa-apa,bahkan yatim piatu sejak berumur 3 tahun, dan pindah-pindah orang tua asuh. tetapi dengan kerja keras,tekun, cermat dan senantiasa mendekatkan diri kepada tuhan yang maha esa, sehingga berhasil menjadi wakil presiden Ri ke 5 setelah umar wirahadikusuma.

Tidak ada komentar: