Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 26 Juni 2016

K.H abdurahman Dan Megawati Soekarno Putri


4. K.H. ABDURRAHMAN WAHID : presiden RI ke 4 : 1999-2001
 lahir        : denanyar, jombang, jawa timur, 4 agustus 1940.
 agama       : islam
 pendidikan    : SD, jakarta (1953); SMEP yogyakarta (1956); pesantren tambak beras, higher islamic and arabic studies, universitas Al Azhar, kairo; fakultas sastra universitas bagdad, irak (1970).
 pengalaman     : guru madrasah mu'alimat, tambakberas,  jombang (1959-1963); dosen dan dekanfakultas ushuludin universitas hasyim ashari, jombang (1974-1979); pengasuh pondok pesantren ciganjur, jakarta selatan (1979-sekarang); ketua tanfidziyah PB nahdhatul ulama (1984-1998).
  GUS DUR demikian K.H. abdurahman wahid biasa dipanggil, seorang ulama yang gemar humor. luwes bergaul, sikapnya terbuka. banyak yang menaruh harapan besar ketika ia terpilih sebagai ketua PBNU dalam muktamar NU ke 27 dipondok pesantren salafiah safi'yah sukorejo, sitobondo, jawa timur. apalagi sejak muktamar itu, NU secara resmi kembali ke khittah 1926. artinya NU akan meninggalkan politik praktis dan tidak ada lagi ikatan organisatoris dengan PPP.
 tokoh yang tak dapat melihat dengan sempurna ini boleh jadi merupakan satu-satunya  presiden di dunia yang terpilih secara demokrasi oleh wakil rakyat. komposisi keanggotaan DPR-MPR hasil pemilu tahun 1999 rupanya lebih suka memilih gus dur, dan enggan memberikan suaranya kepada megawati soekarno putri, satu-satunya pesaing di waktu itu, karena alasan gender.
 anak sulung dari enam bersaudara A.wahid hasyim, mantan menteri agama ini banyak memegang jabatan yang sifatnya penasihat tim di berbagai departemen. antara lain; departemen koperasi (1984), departemen agama (1985). gus dur menikah dengan sinta nuriyah 1968. mereka di katunia empat orang anak.





5. MEGAWATI SOEKARNO PUTRI : presiden R.I ke 5 : 2001-2004
  lahir     : jakarta 23 januari 1946.
  agama    : islam
  pendidikan : SD, SMA, perguruan cikini, jakarta. kuliah fakultas pertanian unpad,fakultas fisiologi universitas indonesia.
 pengalaman : ketua PDI (munaslub PDI 1933); ketua PDI-P (1999-sekarang); wakil presiden RI (1999-2001)
  DYAH PERMATA MEGAWATI SOEKARNO PUTRI, melewatkan masa pendidikannya sejak SD sampai SMA di perguruan cikini, jakarta. megawati yang sempat kuliah di fakultas pertanian dan fakultas fisiologi di UI tak dapat menyelesaikan kuliahnya karena kemelut politik pasca perebutan kekuasaan dari soekarno oleh soeharto pada tahun 1966.
 rupanya pemerintah tak menghendaki megawati menjadi pemimpin poltik, sebab dengan tampilnya megawati di khawatirkan akan mengancam kekuasaan soeharto. dengan berbagai cara rezim soeharto terus menerus berusaha menggusur megawati dari PDI. menjelang pemilu 1966 digelar kongres PDI dimedan, dalam penglehatan itu, soeryadi mantan ketua PDI diangkat lagi menjadi ketua PDI menggantikan mega. pendukung mega marah dan menduduki kantor DPP PDI. maka terjadilah peristiwa yang dikenal drngan peristiwa 27 juli.

 setelah soeharto jatuh, megawati yang mewarisi kharisma ayah.ya baru tampil lagi menjelang pemilu 1999. PDI pimpinan megawati berubah menjadi PDI perjuangan (PDIP). dalam pemilu yang demokratis itu, PDIP memenangkan pemilu dengan memperoleh 154 kursi di DPR. tetapi ia kalah bersaing dengan gus dur dalam pemilihan presiden dalam sidang MPR. baru setelah gus dur di jatuhkan Dpr, karena skandal bulogate dan brunaigate, megawati yang sebagai wakil presiden terpilih menggantikan k.h abdurahman wahid menjadi presiden Ri yang ke 5.

Tidak ada komentar: