Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 26 Juni 2016

Menjebak Kelinci-dalam dongeng si kancil




  ada seekor srigala memiliki kebun sayur. ia membuat pagar dan pohon berduri di kebunnya itu agar ia bisa mencegah orang dan hewan memasuki kebunnya.
 ada juga seekor kelinci kecil yang tinggal bersama ibunya di satu lubang yang dekat dengan kebun itu. kelinci itu keluar dari lubang itu dan menunggu sampai srigala meninggalkan kebunnya untuk mencari ayam betina yang dapat dimakannya atau yang lainnya. lalu ia keluar dari lubangnya melompat dan melompat lagi.
 ia memasuki kebun itu dari bawah pagar duri lalu memakan sayuran dikebun itu khususnya wortel dan memotonginya. setelah kenyang dan puas ia meninggalkan kebun itu, pulang lagi ke lubangnya.
 ibunya selalu menegur apa yang telah dilakukan kelinci itu dan menakut-naakutinya dengan srigala itu. ibunya berkata padanyay,"jangan pergi ke kebun srigala lagi,hai anakku" dengarkanlah nasihat karena itu jika ia berhasil menangkapmu,maka ia akan memakanmu".
 srigala itu sendiri setiap kali kembali ke kwbunnya, ia menemukan wortelnya telah termakan dan terpotong-potong. srigala itu pun terheran-heran dan berpikir dalam hati,"siapa yang berani masuk kepagarku dan memakan wortel ku?"
 pada suatu hari, srigala itu bersembunyi dibelakang pohon. ia menunggu agar ia bisa tahu hewan yang masuk ke kebunnya,memotomg-motong,dan memakannya. kemudian kelinci itu keluar dari lubangnya dan melompat-lompat. kelinci itu lalu masuk ke dari bawah duri. lalu sampailah ia ke kebun itu dan mulai makan wortel di kebun itu.
 "kurang ajar!" hadi kelinci ini yang berani masuk dan makan buah wortelku!" ketika srigala itu hendak menangkapnya, kelinci itu berlari sekencang-kencangnya dan kembali lagi kelubangnya. waktu itu srigala tidak berhasil menangkapnya.
 kemudian ia masuk kepelukan ibunya dengan terengah-engah. ibunya bertanya padanya,"apa yang terjadi padamu?". kelinci itu menceritakan pada ibunya apa yang dilakukan srigala padanya. ibunya pun berkata padanya,"bukankah aku telah menasihatimu dan aku mengatakan padamu supaya kamu tidak pergi ke kebun dtigala itu?"
 kelinci itu bandel dan tidak mau mendengar yang dikatakan ibunya. kelinci ini setiap hari tetap pergi ke kebun itu ketika srigala itu tidak ada. akhirnya, srigala itu berfikir untuk membuat rekayasa yang dapat membebaskannya dari kenakalan kelinci ini. ia lalu pergi dan mengumpulkan getah pohon akasia yang ada diseekitarnya.
 ia lalu membuat patung kelinci dari getah ini yang serupa dengan kelinci bandel ini. ia lalu meletakan patung ini ditengah-tengah kebun. "nah, kelinci nakal itu pasti akan meremehkan jebakannku ini",pikir srigala.
 ketika kelinci itu keluar dari lubangnya dan masuk ke kebun melalui celah di bawah duri seperti biasanya. kelinci itupun menemukan patung buatan srigala itu ditengah-tengah kebun.ia menduga kalau patung itu adalah kelinci yang lain. kelinci itu lalu menghampiri patung itu dan berdiri dihadapan patung itu..
 kelinci itu berkata pada patung,"apa yang kamu lakukan dikebun ini?"namun patung kelinci itu tidak menjawabnya. kelinci itu berkata lagi,"mengapa kamu tidak mau menjawabnya?". apakah kamu mengira kamu lebih kuat dari aku?"kelinci itu pun lalu memukul patung iyu dengan tangan kanannya. tentu saja tangan kanan kelinci itu lengket karena getah itu"menangkapnya" dan ia tidak mampu melepaskan tangannya.
 kelinci itu lalu memukul patung kelinci tu dengan tangan kirinya. getah itu juga"menangkap" tangan kirinya. kelinci itu berusaha melepaskan diri. ia bergerak-gerak kekanan dan kekiri, namun ia tryap tidak berhasil. drigala yang melihatnya dati kejauhan tertawa puas melihat jebakabnya  berhasil.
 pada saat itulah, srigala itu keluar dari balik pohon dan berkata pada kelinci, sekarang kamu kena perangkap". aku harus membiarkannmu mendapat hukuman dengan getah ini. kelinci itu lalu berkata pada srigala,"tidak,aku babhagia seperti ini.getah ini tidak menyiksaku. aku batu merasakan disiksa atau dihukum jika kamu melemparkanku kepagar duri itu".
 mendengar itu,srigala pun berkata lagi,"baiklah!" kika duri itu bisa membuatmu jera maka aku akan melemparkannmu kesana. lalu srigala melepaskan kelinci dan melemparkannya ke duri itu. tapi pada saat ia di lemparkan srigala itu ke duri, maka ia langsung loncat-loncat dan berlari jauh lalu kelinci masuk lagi kelubang.
 ketika ibunya melihatnya, ibunya menemukan rambut kelinci itu tercakar,kulitnya terlem, dan kulitnya terkelupas. lalu ibunya menanyakan mengenai apa yang dilihatnya itu.
"apa yang terjadi denganmu?"
kelinci itu lalu menceritakan pada ibunya mengenai srigala itu. ibunya pun dengan kesal berkata lagi pada kelinci itu.
"kamu pantas mendapatkan semua itu. itulah balesan anak yang bandel yang tidak menurut ibunya". semenjak saat itulah, kelinci itu tidak pergi lagi ke kebun srigala.


Tidak ada komentar: