Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Selasa, 28 Juni 2016

Megawati Soekarno putri Dan Hamzah Haz


8. MEGAWATI SOEKARNO PUTRI : wakpres RI ke 8 : 1999-2001
 lahir     : jakarta, 23 januari 1946
 agama    : islam
 pendidikan : SD, SMA, perguruan cikini, jakarta. kuliah fakultas pertanian unpad, fakultas fisiologi universitas indonesia.
 pengalaman : ketua PDI (munaslub PDI 1993); ketua PDI-P (1999-sekarang).
  DYAH PERMATA MEGAWATI SOEKARNO PUTRI, melewatkan pendidikannya sejak SD sampai Sma perguruan cikini, jakarta, megawati yang sempat kuliah di fakultas pertanian dan fakultas fisiologi di UI tak dapat menyelesaikan kuliahnya karena kemelut politik pasca perebutan kekuasaan dari soekarno pada tahun 1966.
 rupanya pemetintah tak menghendaki megawati menjadi pemimpin politik, sebab dengan tampilnya megawati di khawatirkan akan  mengancam kekuasaan soeharto. dengan berbagai cara rezim soeharto terus menerus berusaha menggusur megawati dari PDI. menjelang pemilu 1996 di gelar kongres PDI di medan, dalam penghelatan itu, soeryadi mantan ketua PDI di angkat lagi menjadi ketua PDI menggantikan mega. pendukung mega marah dan menduduki kantor DPP PDI. maka terjadilah peristiwa  yang di kenal dengan peristiw 27 juli.
 setelah soeharto jatuh, megawati yang mewarisi kharisma ayahnya baru tampil lagi menqjelang pemilu 1999. PDI pimpinan megawati berubah menjadi PDI perjuangan (PDIP). dalam pemilu yang demokratis itu, PDIP memenangkan pemilu dengan memperoleh 154 kursi di DPR. tetapi ia kalah bersaing dengan gusdur dalam pemilihan presiden dalam sidang MPR.







9. HAMZAH HAZ : wakpres RI ke 9 : 2001-2004
 lahir     : ketapang, kalimantan barat, 15 pebruari 1940.
 agama    : islam
 pendidikan : SMP pontianak, SMEA akademi koperasi negara, yogyakarta (1962) jurusan ekonomi perusahaan, fakultas ekonomi universitas tanjung pura, pontianak (tingkat V, 1970).
 pengalaman  : wartawan di pontianak (1960-1961), ketua PMII (pergerakan mahasiswa islam indonesia) ketua presidium KAMI konsulat pontianak. asisten dosen di universitas tanjung pura pontianak (1968-1971). anggota DPR-RI (1971) komisi APBN DPR-RI.
 HAMZAH HAZ, ketika duduk di bangku smp pontianak, kalimantan barat, ia aktif di organisasi siswa. menamatkan SMEA di kota yang sama, dan kemudian bekerja. hamzah haz menjadi wartawan harian bebas di pontianak, tetapi hanya 1 tahun lalu mengikuti ayahnya, anggota koperasi kopra yang mendapat tugas belajar di akademi koperasi juga. ia lalu mendirikan pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) di kampusnya, hamzah haz terpilih menjadi ketuanya.

 setelah meraih gelar sarjana muda, hamzah kembali ke pontianak (1965). kkuliahnya diteruskan pada fakultas ekonomi jurusan perusahaan universitas tanjung pura. sempat menjadi asisten dosen,kemudian dosen di fakultas itu. hamzah cenderung mmenekuni organisasi sebagai ketua presidium KAMI konsulat pontianak, kemudian mewakili angkatan  66 di DPRD pontianak. karier ini kemudian membawanya kejakarta. hamzah mewakili NU,kemudian PPP di DPR sejak 1971 hingga sekarang. perjalanan kariernya itu yanng  membuat hamzah menjadi orang yang terpenting vdi dalam ke pemerintahan. menjadi wakil presiden Ri mendampingi ibu megawati pada kabinet gotong royong 2001-2004.

Tidak ada komentar: