Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Jumat, 24 Juni 2016

Kancil Dan Kerbau-dalam kisah si kancil




  ada pepatah 'bodoh seperi kerbau' benarkah hewan ini semuanya bodoh? ah ternyata tidak semua kerbau itubodoh.
 pada suatu hari kerbau bertemu dengan kancil."hai kerbau punukmu (punggung) yang lunak itu selalu menjadi incara harimau dan buaya maka hati-hatilah jika engkau bertemu dengan kedua hewan itu."pesan sikancil.
 si kerbau yang lugu dan sederhana itu merenungkan ucapan sikancil. ia terus berjalan dan suatu ketika mendengar hewan lain memanggil namanya.
 ternyata seekor buaya yang datang minta tolong, "kerbau,tolonglah istriku. ia terjepit sebatang pohon yang roboh di tepi sungai. sudah dua hari aku berusaha menolong tapi aku tak mampu melepasnya."
kerbau tetap waspada. tapi hatinya tak tega mendengar sesama hewan minta pertolongan. ia datang ketepi sungai, "ah kasihan kalian..."
  "aduh,pohon ini memang besar dan berat."ujar kerbau."tapi akan kucoba."
sikerbau mengheningkan cipta,mohon agar diberi kekuatan yang besar kepada tuhan.
 kayu diangkat dengan tanduknya. ketika agak bergeser sedikit buaya yang tertindih srgera meloloskan diri. begitu lolos si buaya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga.
  ternyata buaya-buaya itu tidak melahap punuknya. mereka segera turun kesungai. kerbau merasa lega. kancil yang dari kejauhan memperhatikan kejadian itu segera menghampiri kerbau. "hai kerbau kau tetap harus hati-hati, sekarang saja nampaknya mereka baik, suatu ketika jika kau lengah punukmu pasti diterkam."
  "kancil !" bentak kerbau, "ternyata omonganmu ngawur. tidak semua hewan itu jahat. buktinya buaya-buaya tadi tidak memangsa punukku. sudah kau jangan ngaco!"
  "sebenarnya aku tahu, kekuatanku tidak seimbang dengan berat pohon besar yang tadi. tapi berkat niat baik yang betul-betul ikhlas maka aku mampu mengangkatnya.
suatu ketika jika memerlukan aku juga akan menolongmu."
sikerbau memang dikenal sebagai hewan yang baik siseluruh hutan. ia bukan saja sering menolong hewan tapi juga pernah menolong anak gembala.
  suatu hari ada seekor harimau yang memangsa anak gembala kebetulan si kerbau ada di tempat itu. maka kerbau itu mati-matian berusaha menolong anak gembala.
walaupun disana sini kulitnya robek dicakar harimau,namun kerbau yang kuat itu akhirnya mampu mengalahkan harimau dengan tanduknya.
 sejak saat itu terjalinlah persahabatan antara kerbau dan anak gembala. si anak gembala merawat dan mengobati luka-luka ditubuh kerbau.
 sikancil merasa kecewa karena usahanya mengadu domba antara kerbau dengan para buaya tidak berhasil.para buaya juga harus waspada, sebab si kancil biasanya suka jail.

 "awas kau cil ! kalau bikin susah para buaya kau akan kami terkam jadi makanan kami."kata buaya.

Tidak ada komentar: