Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Selasa, 28 Juni 2016

Dr. mohammad hatta


(b). Nama-nama Wakil Presiden Yang pernah memerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 1. DR. MOHAMMAD HATTA : wakpres RI ke 1 : 1945-1956
 lahir         : bukit tinggi, sumatra barat 12 agustus 1902
 meninggal      : jakarta, 14 maret 1980
 agama        : islam
 pendidikan    : SD, SLTP, ( bukit tingga padang), SLA jakarta, sekolah tinggi negri belanda.
 pengalaman    : penulis/kolumnis, pejuang politik diplomatik, pendiri PNI baru, proklamator RI.
   DR. MOHAMMAD HATTA namanya senantiasa harum sepanjang masa. ia termasuk seorang tokoh yang paling lurus dalam kepemimpinan indonesia merdeka. apalagi karya-karyanya yang besar dan mendasar, tak luntur oleh gesekan kemajuan zaman.
 bung hatta, demikian ia di panggil sebagai, lahir dari keturunan ulama terkenal di sumatra barat. nama kecilnya mohammad attar. karena orang minangnya umumnya sulit menyebut hurup 'r', panggilan anak yang semula di harapkan menjadi kyai itu berubah jadi atta, lalu hatta.
 sejak sekolah SD di bukit tinggi hatta biasa hemat,cermat dan jujur. ketika SMP di padang, ia mulai belajar berorganisasi dan menulis untuk media massa. lulus SMP hatta melanjutkan ke sekolah menengah dagang dijakarta, tamat tahun 1921, lalu kerotterdam, belanda, belajar di sekolah tinggi ekonomi. bakat organisasinya mengorbitkan dirinya menjadi ketua himpunan indonesia (1926-1930). ketika itulah hatta dan kawan-kawannya sempat mempopulerkan nama indonesia dan perjuangan kemerdekaannya di berbagai forum dunia. akibatnya hatta dan kawan-kawanya di jebloskan ke penjara den hagg (1927), namun mereka dapat membela diri, peradilan membebaskan mereka dari segala tuduhan(22 maret 1928).
 tahun 1932 bung hatta kembali ke tanah air, dan langsung terjun ke dalam kancah poltik untuk kemerdekaan RI. ia mendirikan pendidikan pendidikan nasional indonesia (PNI), tapi kemudian belanda menjebloskannya ke penjara glodok. dari sana berturut turut di buang ke boven digul (irian jaya), bandanaire(maluku) dan sukabumi (jawa barat), sampai kemudian jepang datang ke indonesia.
 menjelang proklamasi kemerdekaa. indonesia, bung hatta dan bung karno melejit menjadi tokoh terkemuka di indonesia, karena itulah ia memperoleh mandat mencetuskan proklamasi 17 agustus 1945, yang esok harinya soekarno dan mohammad hatta terpilih menjadi presiden dan wakil presiden RI pertama, dan mereka di kenal sebagai dwi tunggal tetapi pada tanggal 1 desember 1956 bung hatta mengundurkan diri dari jabatan wakil presiden dengan alasan yang di rahasiakan sampai ia meninggal pada tangal 14 maret 1980.

 dr. mohammad hatta juga di kenal sebagai tokoh dengan sebutan bapak koperasiindonesia atas pemikirannya mengenai pasal-pasal UUD 1945, tentang perekonomian yang bertulang punggung koperasi berazas kekeluargaan.

Tidak ada komentar: