Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 26 Juni 2016

B.J. habibie


3. B.J HABIBIE : presiden R.I ke 3 : 1998-1999
 lahir        : pare-pare, sulawesi selatan, 25 juni 1936
 agama       : islam
 pendidikan    : SD, SMP, SMA, di bandung (1954); mendapat gelar diploma ingenieur jurusan kontruksi pesawat terbang rheinisc-westflaelische tegnische, Aachen, jerman barat.
 pengalaman    : asisten riset ilmu pengetahuan institut kontruksi ringan rheinisc technische, Aachen, jerman barat (1960-1965); menteri negara riset dan technologi (1978); dirut PT pal, surabaya (1978) ketua BPPT; ketua ICMI.
  BACHARUDDIN JUSUF HABIBIE, menjadi presiden tanggal 21 mei 1998 menggantikan jendral soeharto yang meletakan jabatan krena di paksa mundur oleh rakyat. sebelumnya, B.J. HABIBIE menjadi wakil presiden RI ke tujuh periode 1998-2003, tapi ia hanya memangku jabatannya selama kurang lebih 2 bulan.
 dalam usia 13 tahun, rudy, demikian habibie biasa di panggil, ditinggal wafat ayahnya, alwie abdul jalil habibie, bekas kepala jawatan pertanian sulawesi selatan. ibunya, RA tuti marini puspowardjo yang asal yogyakarta menganjurkan habibie berangkat ke bandung untuk masuk SMP, kemudian ia menyusul setelah anaknya kelas dua SMA. setahun di ITB, atas usaha ibunya, habibie mendapat bea siswa P&K untuk belajar di jerman barat. gelar insinyur mesin dan kontruksi pesawat di terbang di raih haabibie pada usia 21 tahun, ia kemudian meneruskan sekolahnya lagi dengan biaya sendiri. waktu lulus, habibie orang pertama di luar jrman, setelah oerang dunia ke 2 yang membuat skripsi mengenai aeronautika.
 habibie kemudian bekerja sebagai asisten riset di technische hocheschule (TH) Aachen, ia mwnghasilkan desain kapal selam dalam (deep sea), gerbong kereta api, juga ruangan bersuhu dan bertekanan tinggi dari bagian reaktor atom untuk atom center julich. sebagai sarjana ahli, kemudian wakil presiden direktur messrchumitt bolkow-blohm (MBB), ia mendesain beberapa pesawat terbang termasuk proyek-proyek satelit dan rudal.
 pada tahun 1974, karena kecerdasan habibie membuat presiden soeharto memanggilnya pulang ke indonesia. selanjutnya ia diangkat menjadi penasihat presiden RI, memimpin devisi adveced  trchnologi pertamina yang merupakan cikal bakal BPPT dan merintis industripesawat terbang di bandung. ia juga berhasil membuat pesawat pertama indonesi CN 235.

 B.J habibie turun dari jabatannya sebagai presiden RI pada tanggal 20 oktober 1999 karena perta.ggungjawabannya tidak diterima oleh sidang umum MPR 1999.

Tidak ada komentar: