Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 09 Juli 2016

Apresiasi Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Karya seni Rupa Terapan Daerah


  Karya seni terapan di indonesia sangT beragam dengan aneka jenis,bentuk,fungsi,dan teknik pembuatannya. dengan segenap keragaman dan keunikannya tersebut, karya seni rupa terapan nusantara patut mendapatkan apresiasi secara aktif maupun pasif. gagasan kreatif tersebut merupakan awal proses penciptaan karya seni,termasuk karya seni rupa terapan nusantara yang diciptakan berdasarkan nilai guna tanpa mengesampingkan nilai seninya.
  Apresiasi adalah sikap kepekaan dalam mengenal ,menghargai,mengagumi, dan menilai sebuah karya seni. apresiasi pasif tumbuh seiring dengan prmbiasaan yang sifatnya pasif sampai pada tahap menilai,mulai dari mengamati gambar atau reproduksi karya seni rupa di buku hingga menghadiri pameran karya seni rupa. apresiasi aktif yaitu apresiasi pasif yang disertai pembuatan karya.
  Apresiasi mempunyai tiga tingkatan yaitu sebagai berikut.
1. Apresiasi empatik
 Apresiasi empatik adalah apresiasi yang hanya melihat baik dan kurang baik berdasarkan pengamatan belaka. apresiasi empatik biasanya dilakukan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan dalam bidang seni.
2. Apresiasi estetis
  Apresiasi estetis untuk menilai keindahan suatu karya seni.
3. Apresiasi kritis
  Apresiasi kritis adalah apresiasi yang dilakukan secara ilmiah dan sepenuhnya bersipat keilmuan dengan menampilkan data secara tepat dengan menggunakan analisis,interprestasi dan penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan. salah satu cara mengapresiasi seni yaitu dengan menyelenggarakan pameran seni, atau setidaknya senang menghadiri acara pameran seni.
   Indonesia memiliki keragaman karya seni rupa terapan terlihat pada setiap daerah yang masing-masing memiliki keunikan atau kekhasan tersendiri. adapun benda-benda seni rupa terapan yang dihasilkan di berbagai daerah, diantaranya sebagai berikut.
1. Kerajinan anyaman

  Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku,biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. anyaman dibuat dari bahan alami dan bahan sintesis. bahan-bahan alami yang digunakan,antara lain bambu,rotan,daun mendong dan janur. bahan-bahan sintesis yang digunakan antara lain plastik,pita,dan kertas. daerah penghasil kerajinan anyaman, antara lain bali,kudus,kedu,tasikmalaya dan tangerang.
2. Kerajinan batik


  Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain tersebut,kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. kain batik dibuat dengan cara melukis dengan menggunakan canting dan kuas diatas kain dengan bahan lilin yang dipanaskan. hasil proses membatik tersebut dinamakan batik tulis.
3. Kerajinan ukir


 Ukiran adalah kegiatan mengolah permukaan suatu objek trimatra dengN membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut sehingga didapat imaji tertentu. kerajinan ukir nusantara antara lain berupa seni ukir kayu dan seni ukir logam. daerah-daerah penghasil kerajinan ukir kayu dinusantara diantaranya jepara,cirebon,bali,kalimantan,papua ,madura dan sumatra. daerah penghasil kerajinan ukir logam dinusantara antara lain jawa tengah dan yogyakarta.
4. Kerajinan topeng


  Topeng adalah benda yang dipakai diwajah yang bisa digunakan untuk keperluan perlengkapan tari dan hiasan. daerah penghasil kerajinan topeng di nusantara,antara lain yogyakarta,cirebon,bali,surakarta dan bali.
5. Kerajinan tenun

 Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. ada dua jenis tenun, yaitu tenun ikat,dan tenun songket.kerajinan tenun banyak terdapat di kalimantan,minangkabau,sumatra utara,NTT,NTB, lampung,flores,sulawesi dan palembang.
6. Kerajinan Wayang


  Wayang adalah seni pertunjukan asli indonesia yang berkembang pesat dipulau jawa dan bali. wayang dibuat untuk seni pertunjukan sekaligus sebagai hiasan. jenis wayang terdiri dari wayang kulit yang ter buat dari kulit kerbau dan wayang golek yang terbuat dari kayu. daerah penghasil kerajinan wayang,diantaranya bali,yogyakarta,dan surakarta.
7. Kerajinan keramik



 Kerajinan sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar,seperti gerabah,genting,porselen dan sebagainya.akan tetapi,saat ini tidak semua keramik berasal dari tanah liat. definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. daerah penghasil kerajinan keramik yang terkenal di nusantara,diantaranya kasongan (yogyakarta),sompok,dan mayong (jepara).

Tidak ada komentar: