Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 02 Juli 2016

Zaman Sejarah


  Zaman sejarah indonesia di tandai oleh penemuan tulisan pada prasasti batu. sebelum di temukan prasasti tersebut, sejarah indonesia seakan gelap karena tidak adanya petunjuk yang autentik tentang keberadaan budaya yang sebenarnya telah berkembang jauh sebelum ada prasasti. ada orang yang mengatakan bahwa di indonesia sebenarnya telah di kenal budaya tulis-menulis dengan huruf sebelum adanya huruf yang di perkenalkan dari luar indonesia. namun, bukti yang sah mengenai hal itu belum di ketemukan sampai saat ini. huruf-huruf etnis yang ada seperti di sumatra utara ,di lampung,dan di sulawesi selatan belum di teliti keberadaannya. sistem kepercayaan memang telah ada sebelum agama-agama dari luar masuk ke indonesia. namun, hal itu tidak di akui sebagai agama karena tidak memenuhi kriteria di bandingkan dengan agama yang ada saat ini. pembagian zaman sejarah di indonesia di klasifikasikan menjadi empat, yaitu sebagai berikut.
(a). Zaman Penyebaran Agama-agama dari India
   Zaman sejarah indonesia mulai di kenal dengan munculnya kerajaan-kerajaan yang bernapaskan hindu. hal ini di tandai dengan di temukannya prasasti-prasasti pada batu yang menggunaka.n huruf palawa di dekat sungai cisedana di bogor jawa barat, di kutai kalimantan timur,dan sumatra barat. penemuan bukti sejarah itu, keberadaannya di perkirakan pada abad ke 4-5 masehi. agama yang berasal dari india adalah agama hindu dan agama budha. selain prasasti , peninggalannya juga berupa bangunan suci keagamaan yang berupa candi,,terutama di pulau sumatra,jawa,dan bali. peninggalan candi yang terkenal adalah candi prambanan. candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan mataram hindu dan candi borobudur dari agama budha. keduanya berlokasi di jawa tengah ,namun saat ini candi prambanan berada di perbatasan jawatengah dan yogyakarta. pada kedua candi tersebut terdapat ribuan panel relief dengan tema religius.
 dalam peninggalan situs agama hindu sering di temukan wujud simbol yang disebut lingga yoni. simbol tersebut merupakan artepak penting dalam agama hindu karena digunakan sebagai media yang mrnghubungkan diri manusia denagan siwa sebagai tuhan. lingga dan yoni merupakan simbolisasi dari rwa binedha, yaitu dua hal berbeda dari kemahakuasaan tuhan sehingga menyebabkan adanya alam semesta beserta isinya.
 Hal yang menarik dari candi borobudur terletak pada struktur bangunannya. bangunan candi borobudur merupakan kombinasi piramida dari pitamida timur tengah dan stupa india. struktur bangunan tersebut terbagi menjadi tiga tingkat yang berturut dari bawah, yaitu kamadhatu,rupadhatu, dan aruphadatu. ketiga tingkatan itu merupakan repleksi dari tingkatan kehidupan spiritual manusia secara alami menurut pandangan budha. tingkatan kama adalah kehidupan manusia yang masih diliputi oleh berbagai jenis hawa nafsu duniawi, kemudian meningkat ketingkat rupa yang masih terikat dengan wujud dan simbol. tingkatan arupa merupakan tahapan kehidupan sudah bebas dari keduniawian. pada masa hindu dan budha, seni ripa yang menggunakan bahan keras (batu dan logam),seperti patung,senjata,dan alat upacara sangat banyak peninggalannya. seni rupa yang menggunakan bahan lunak,seperti lukisan dan ukiran kayutidak banyak diketahui jejaknya karena mudah hancur dimakan zaman dan faktorvandalisme oleh manusia.
(b). Zaman Penyebaran Agama Islam
   Perkembangan agama islam di indonesia diperkirakan mulai tahun1250 hingga sekarang. hal ini diawali dari daerah pesisir sumatra dan jawa,dimana daerah pesisir merupakankota pelabuhan dan perdagangan. penyebaran islam dilakukan oleh para pedagang dari persia dan gujarat.pada awal abad ke-16 kerajaan islamdi pantai utara jawa tengah merebut kekuasaan majapahit. pada akhir abad ke-16, muncul kerajaan islam mataram sebagai suatu kesultanan. kemudian setelah brlanda menduduki indonesia kerajaan tersebut dipecah menjadi kerajaan kecil, yaitu surakarta dan yogyakarta.
 Peninggalan kesenian zaman islam adalah masjid kudus menaranya masih mengadopsi bentuk bangunan bergaya hindu dengan atapnya bertumpang dan gapura masjid sendang duwur. hal yang menonjol dalam seni islam adalah stilisasi tersebut di lakukan karena dalam ajaran islam tidak di perkenankan menggambarkan makhluk hidup, terutama binatang. sebagai konsekuensinya, bentuk makhluk hidup (manusia dan binatang) sering di gayakan dan di bentuk dengan huruf-huruf arab.
(c). Zaman Pengaruh Kebudayaan Eropa
   Masuknya pengaruh kebudayaan eropa  juga di mulai melalui aktivitas perdagangan dengan bangsa portugis pada pertengahan abad ke 16. komoditas utama yang diperdagangkan adalah rempah-rempah,selanjutnya di susul oleh kedatangan bangsa belanda,spanyol,dan inggris. peninggalan belanda paling penting yang di warisi bansa indonesia saat ini adalah agama katolik dan kristen,sisrem pendidikan, serta beberapa infrastruktur berupa jalan dan bangunan fisik. pengaruh seni tupa barat di duga telah mulai masuk ke indonesia pada abad ke-16 dibawa oleh para pedagang VOC yang digunakan sebagai hadiah kepada para pembesar kerajaan-kerajaan di nusantara ,seperti lukisan besat yang diberikan kepada seorang eaja dibali,sultan palembang, dan raja surakarta.
 Pengaruh seni lukis barat secara nyata dipelajari oleh seorang putra bangsawan dari jawa, yaitu raden saleh syarif bustaman pada abad ke-19. raden saleh belajar seni lukis barat di eropa selama 20 tahun. menurut pendapat para ahli lukisan, raden saleh mendapat pengaruh kuat dari delacroix (seorang pelukis terkenal pada zaman renaissance) dengan gaya romantiknya. dengan keterampilannya yang baik, raden saleh oulang ke indonesia dan banyak melukiskan tentang suasana i.ndonesia pada zaman penjajahan belanda, seperti gunung merapi yang sedang meletus, perkelahian antara singa dan banteng yang di tafsirkan sebagai pertarungan kaum pejuang nasionalis dengan penjajah. selain itu juga, lukisan raden saleh yang terkenal di indonesia adalah saat penangkapan pangeran diponegoro dan oerburuan harimau. raden saleh tidak menurunkan kemahirannya melukis ala barat kepada masyarakat indonesia pada waktu itu. namun, ketika abduloh surio subroto dari jawa barat kembali krindonesia setelah belajar melukis di akademi seni rupa belanda, ia menularkan kemampuannya kepada anaknya sendiri sebagai muridnya yang menjadi pelukis terkenal, yaitu basuki abdulah dan anak didiknya yang lain mas pirngadi. pelukis pribumi lainnya yang belajar dengan orang belanda ialah wakidi,yang tinggal di sumatra barat dan memiliki banyak murid. abduloh surio subroto,basuki abduloh,wakidi,dan pelukis sejenis lainnya, sangat mahir melukis dengan gaya realistisdan naturalis melukiskan kondisi yang indah-indah dan menyenangkan. hal yang demikian ini sangat ditentang oleh pelukis nasionalis, yang menyebutnya sebagai seni lukis "Indonesia Molek" (Mooi Indie).
(d). Zaman Kemerdekaan

   Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 agustus 1945,tetapi baru berdaulat penuh pada tahun 1950. guna mengembangkan seni budaya di indonesia, pemerintah mendirikan sekolah dan perguruan tinggi seni. di bandung lahir sekolah seni rupa bandung sebagai bagian dari institut teknologi bandung pada tahun 1947. selanjutnya pada tahun 1950, berdiri akademi seni rupa indonesia (ASRI).  selain formal berditi pula sanggar-sanggar seni sebelum kemerdekaan sebagai tempat kegiatan seniman seni rupa berkarya dan berdiskusi. diantaranya adalah pusat tenaga pelukis rakyat yang didirikan oleh djayengasmoro, seniman indonesia muda didirikan oleh sudjojono, dan pelukis rakyat adalah affandi. selain itu, juga ada seniman yang menguasai seni lukis sekaligus seni patung, yaitu trubus dalam gaya realistis. srjak sebrlum kemerdekaan, para pemimpmimpin bangsa telah berupaya untuk mencari format kebudayaan nasionsl, misalnya dengan lahirnya boedi oetomo pada tanggal 20 mei 1908 dan dideklarasikannya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.pencarian kebudayaan nasional masih terus bergulir hingga sekarang dengan srgala pasang surutnya dan pernah terjadi perdebatan diantara para ahli. di satu kubu ingin mencari yang berasal dari akar budaya daerah,sedangkan dipihak lain ingin mencari budaya yang universal. apabila dicermati, kawasan budaya indonesia merupakan pertemuan dari berbagai jenis budaya. puncak-puncak budaya yang ada merupakan hasil pembauran berbagai budaya dengan budaya setempat, mulai dari masuknya budaya india,cina,timur tengah dan eropa. saat ini datangnya beragam jenis budaya dari berbagai jenis budaya dari berbagai bansa dan negara semakin bertambah, yaitu melalui kegiatan perdagangan,pariwisata,dan yang paling kuat datangnya melalui media komunikasi audiovisual dengan berbagai nilai positif dan negatif masuk menjadi bagian kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia. selain itu juga,banyak anak bangsa yang belajar keluar negri membawa pengaruh, terutama pada pengetahuan,keterampilan dan sikapnya.

Tidak ada komentar: