Zaman sejarah indonesia di tandai oleh penemuan
tulisan pada prasasti batu. sebelum di temukan prasasti tersebut, sejarah indonesia
seakan gelap karena tidak adanya petunjuk yang autentik tentang keberadaan budaya
yang sebenarnya telah berkembang jauh sebelum ada prasasti. ada orang yang mengatakan
bahwa di indonesia sebenarnya telah di kenal budaya tulis-menulis dengan huruf sebelum
adanya huruf yang di perkenalkan dari luar indonesia. namun, bukti yang sah mengenai
hal itu belum di ketemukan sampai saat ini. huruf-huruf etnis yang ada seperti di
sumatra utara ,di lampung,dan di sulawesi selatan belum di teliti keberadaannya.
sistem kepercayaan memang telah ada sebelum agama-agama dari luar masuk ke indonesia.
namun, hal itu tidak di akui sebagai agama karena tidak memenuhi kriteria di bandingkan
dengan agama yang ada saat ini. pembagian zaman sejarah di indonesia di klasifikasikan
menjadi empat, yaitu sebagai berikut.
(a). Zaman Penyebaran Agama-agama dari India
Zaman sejarah
indonesia mulai di kenal dengan munculnya kerajaan-kerajaan yang bernapaskan hindu.
hal ini di tandai dengan di temukannya prasasti-prasasti pada batu yang menggunaka.n
huruf palawa di dekat sungai cisedana di bogor jawa barat, di kutai kalimantan timur,dan
sumatra barat. penemuan bukti sejarah itu, keberadaannya di perkirakan pada abad
ke 4-5 masehi. agama yang berasal dari india adalah agama hindu dan agama budha.
selain prasasti , peninggalannya juga berupa bangunan suci keagamaan yang berupa
candi,,terutama di pulau sumatra,jawa,dan bali. peninggalan candi yang terkenal
adalah candi prambanan. candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan mataram hindu
dan candi borobudur dari agama budha. keduanya berlokasi di jawa tengah ,namun saat
ini candi prambanan berada di perbatasan jawatengah dan yogyakarta. pada kedua candi
tersebut terdapat ribuan panel relief dengan tema religius.
dalam peninggalan situs
agama hindu sering di temukan wujud simbol yang disebut lingga yoni. simbol tersebut
merupakan artepak penting dalam agama hindu karena digunakan sebagai media yang
mrnghubungkan diri manusia denagan siwa sebagai tuhan. lingga dan yoni merupakan
simbolisasi dari rwa binedha, yaitu dua hal berbeda dari kemahakuasaan tuhan sehingga
menyebabkan adanya alam semesta beserta isinya.
Hal yang menarik dari
candi borobudur terletak pada struktur bangunannya. bangunan candi borobudur merupakan
kombinasi piramida dari pitamida timur tengah dan stupa india. struktur bangunan
tersebut terbagi menjadi tiga tingkat yang berturut dari bawah, yaitu kamadhatu,rupadhatu,
dan aruphadatu. ketiga tingkatan itu merupakan repleksi dari tingkatan kehidupan
spiritual manusia secara alami menurut pandangan budha. tingkatan kama adalah kehidupan
manusia yang masih diliputi oleh berbagai jenis hawa nafsu duniawi, kemudian meningkat
ketingkat rupa yang masih terikat dengan wujud dan simbol. tingkatan arupa merupakan
tahapan kehidupan sudah bebas dari keduniawian. pada masa hindu dan budha, seni
ripa yang menggunakan bahan keras (batu dan logam),seperti patung,senjata,dan alat
upacara sangat banyak peninggalannya. seni rupa yang menggunakan bahan lunak,seperti
lukisan dan ukiran kayutidak banyak diketahui jejaknya karena mudah hancur dimakan
zaman dan faktorvandalisme oleh manusia.
(b). Zaman Penyebaran Agama Islam
Perkembangan
agama islam di indonesia diperkirakan mulai tahun1250 hingga sekarang. hal ini diawali
dari daerah pesisir sumatra dan jawa,dimana daerah pesisir merupakankota pelabuhan
dan perdagangan. penyebaran islam dilakukan oleh para pedagang dari persia dan gujarat.pada
awal abad ke-16 kerajaan islamdi pantai utara jawa tengah merebut kekuasaan majapahit.
pada akhir abad ke-16, muncul kerajaan islam mataram sebagai suatu kesultanan. kemudian
setelah brlanda menduduki indonesia kerajaan tersebut dipecah menjadi kerajaan kecil,
yaitu surakarta dan yogyakarta.
Peninggalan kesenian zaman
islam adalah masjid kudus menaranya masih mengadopsi bentuk bangunan bergaya hindu
dengan atapnya bertumpang dan gapura masjid sendang duwur. hal yang menonjol dalam
seni islam adalah stilisasi tersebut di lakukan karena dalam ajaran islam tidak
di perkenankan menggambarkan makhluk hidup, terutama binatang. sebagai konsekuensinya,
bentuk makhluk hidup (manusia dan binatang) sering di gayakan dan di bentuk dengan
huruf-huruf arab.
(c). Zaman Pengaruh Kebudayaan Eropa
Masuknya
pengaruh kebudayaan eropa juga di mulai melalui
aktivitas perdagangan dengan bangsa portugis pada pertengahan abad ke 16. komoditas
utama yang diperdagangkan adalah rempah-rempah,selanjutnya di susul oleh kedatangan
bangsa belanda,spanyol,dan inggris. peninggalan belanda paling penting yang di warisi
bansa indonesia saat ini adalah agama katolik dan kristen,sisrem pendidikan, serta
beberapa infrastruktur berupa jalan dan bangunan fisik. pengaruh seni tupa barat
di duga telah mulai masuk ke indonesia pada abad ke-16 dibawa oleh para pedagang
VOC yang digunakan sebagai hadiah kepada para pembesar kerajaan-kerajaan di nusantara
,seperti lukisan besat yang diberikan kepada seorang eaja dibali,sultan palembang,
dan raja surakarta.
Pengaruh seni lukis barat
secara nyata dipelajari oleh seorang putra bangsawan dari jawa, yaitu raden saleh
syarif bustaman pada abad ke-19. raden saleh belajar seni lukis barat di eropa selama
20 tahun. menurut pendapat para ahli lukisan, raden saleh mendapat pengaruh kuat
dari delacroix (seorang pelukis terkenal pada zaman renaissance) dengan gaya romantiknya.
dengan keterampilannya yang baik, raden saleh oulang ke indonesia dan banyak melukiskan
tentang suasana i.ndonesia pada zaman penjajahan belanda, seperti gunung merapi
yang sedang meletus, perkelahian antara singa dan banteng yang di tafsirkan sebagai
pertarungan kaum pejuang nasionalis dengan penjajah. selain itu juga, lukisan raden
saleh yang terkenal di indonesia adalah saat penangkapan pangeran diponegoro dan
oerburuan harimau. raden saleh tidak menurunkan kemahirannya melukis ala barat kepada
masyarakat indonesia pada waktu itu. namun, ketika abduloh surio subroto dari jawa
barat kembali krindonesia setelah belajar melukis di akademi seni rupa belanda,
ia menularkan kemampuannya kepada anaknya sendiri sebagai muridnya yang menjadi
pelukis terkenal, yaitu basuki abdulah dan anak didiknya yang lain mas pirngadi.
pelukis pribumi lainnya yang belajar dengan orang belanda ialah wakidi,yang tinggal
di sumatra barat dan memiliki banyak murid. abduloh surio subroto,basuki abduloh,wakidi,dan
pelukis sejenis lainnya, sangat mahir melukis dengan gaya realistisdan naturalis
melukiskan kondisi yang indah-indah dan menyenangkan. hal yang demikian ini sangat
ditentang oleh pelukis nasionalis, yang menyebutnya sebagai seni lukis "Indonesia
Molek" (Mooi Indie).
(d). Zaman Kemerdekaan
Indonesia
memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 agustus 1945,tetapi baru berdaulat penuh
pada tahun 1950. guna mengembangkan seni budaya di indonesia, pemerintah mendirikan
sekolah dan perguruan tinggi seni. di bandung lahir sekolah seni rupa bandung sebagai
bagian dari institut teknologi bandung pada tahun 1947. selanjutnya pada tahun 1950,
berdiri akademi seni rupa indonesia (ASRI). selain formal berditi pula sanggar-sanggar seni
sebelum kemerdekaan sebagai tempat kegiatan seniman seni rupa berkarya dan berdiskusi.
diantaranya adalah pusat tenaga pelukis rakyat yang didirikan oleh djayengasmoro,
seniman indonesia muda didirikan oleh sudjojono, dan pelukis rakyat adalah affandi.
selain itu, juga ada seniman yang menguasai seni lukis sekaligus seni patung, yaitu
trubus dalam gaya realistis. srjak sebrlum kemerdekaan, para pemimpmimpin bangsa
telah berupaya untuk mencari format kebudayaan nasionsl, misalnya dengan lahirnya
boedi oetomo pada tanggal 20 mei 1908 dan dideklarasikannya sumpah pemuda pada tanggal
28 oktober 1928.pencarian kebudayaan nasional masih terus bergulir hingga sekarang
dengan srgala pasang surutnya dan pernah terjadi perdebatan diantara para ahli.
di satu kubu ingin mencari yang berasal dari akar budaya daerah,sedangkan dipihak
lain ingin mencari budaya yang universal. apabila dicermati, kawasan budaya indonesia
merupakan pertemuan dari berbagai jenis budaya. puncak-puncak budaya yang ada merupakan
hasil pembauran berbagai budaya dengan budaya setempat, mulai dari masuknya budaya
india,cina,timur tengah dan eropa. saat ini datangnya beragam jenis budaya dari
berbagai jenis budaya dari berbagai bansa dan negara semakin bertambah, yaitu melalui
kegiatan perdagangan,pariwisata,dan yang paling kuat datangnya melalui media komunikasi
audiovisual dengan berbagai nilai positif dan negatif masuk menjadi bagian kehidupan
sehari-hari masyarakat indonesia. selain itu juga,banyak anak bangsa yang belajar
keluar negri membawa pengaruh, terutama pada pengetahuan,keterampilan dan sikapnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar