Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 23 Juli 2016

BAB 1 NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG

MATA PELAJARAN IPS
kali ini saya akan memposting beberapa pengetahaun mengenai pelajaran Ilmu  Pengetahuan Sosial (IPS) tentang negara maju dan berkembang, perang dunia 2, Usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia, dan masih banyak lagi yg akan saya posting nanti secara bertahap dan terperinci.. jadi buat para agan-agan harus sering-sering nonggrongin blog ini biar bisa tambah ilmu.. langsung saja saya akan membahas :




BAB 1 NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG

 
A.Pengertiang negara maju dan negara berkembang
 Dalam konteks ekonomi internasiona,dikenal dengan istilah "negara maju" dan "negara berkembang".kedua istilah tersebut merupakan penggolongan negara-negara didunia berdasarkan kesejahteraan atau kualitas hidup rakyatnya.negar maju adalah nrgara yang rakyatnya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi,sedangkan negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau dalam perkembangan. negara yang digolongkan sebagai negara maju terdapat di benua eropa terutatama kawasan eropa barat serta amerika utara, misalnya belanda,francis,inggris,amerika serikat,dan lain-lain. sedangkan yang digolongkan negara berkembang terdapat dibenua asia,afrika,dan amerika selatan.dikawasan asia terdapat beberapa negara maju seperti jepang,australia,korea selatan dan selandia baru.
tolak ukur atau indikator dalam penggolongan negara sebagai negara mau atau negara berkembang sebagai berikut.
1.      Pendapatan perkapita
Pendapatan perkapita merupakan indikator terpenting dalam mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara.sebuah negara dikatakan makmur apabila rakyatnya memiliki pendapatan perkapita yang tinggi.namun demikian,tingginya pendapatan perkapita bukan penentu kemakmuran suatu negara.meskipun negara itu pendapatan perkapitanya tinggi,namun jika terjadi perang saudara didalam negara tersebut,makatidak dapat disebut seabagai negara makmur/sejahter.karena adanya peperangan banyak menimbulksn kematian,penderitaan,dan rasa tidak aman.
2. Jumlah penduduk miskin
Tingkat kesejahteraan rakyat suatu negara dapat dilihat dari angka kemiskinan.suatu negara dikatakan makmur/sejahtera apabila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja.

Tabel angka kemiskinan dibeberapa negara maju
NO
NAMA NEGARA
Jumlah penduduk miskin rata-rata (%)
Tahun
1
Belanda
10,5
2005
2
Francis
6,2
2004
3
Inggris
14
2006
4
Korea selatan
12
2004

Tabel angka kemiskinan dibeberapa negara berkembang
No
Nama negara
Jumlah penduduk miskin rata-rata (%)
Tahun
1
Argentina
23,4

2
Filipina
36,8

3
Malaysia
15,5

4
india
80,4


3. Tingkat pengangguran
Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang adalah tingkat pengangguran. Di negara maju umumnya tingkat penganggurannya rendah. Sebaliknya dinegara berkembang biasanya tingkat penganggurannya tinggi.
4. Angka kematian bayi dan ibu melahirkan
Salah satu ciri yang membedakan antara negara maju dan berkembang adalah  angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Dinegara maju umumnya  angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli makanan bergizi, mampu membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai. Sebaliknya dinegara berkembang  angka kematian bayi dan ibu melahirkan relatif tinggi. Hal ini disebabkan penduduk tidak mampu membeli makanan yang bergizi, tidak mampu membeli pelayaan kesehatan dan obat-obatan yang memadai,karena pendapatannya rendah.
5. Angka melek huruf
Angka melek huruf menunjukan jumlah penduduk  yang dapat  membaca dan menulis. Suatu negara dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi atau angka buta hurufnya rendah
Selain 5 indikator tersebut diatas, masih terdapat beberapa indikator untuk membedakan negara maju dan negara berkembang. Indikator tersebut adalah tingkat pendidikan,usia harapan hidup,pengeluaran untuk kesehatan dan lain-lain.

Tidak ada komentar: