Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 02 Juli 2016

Keunikan seni Terapan daerah




  Karya seni rupa yang terbesar diwilayah nusantara banyak jenisnya, serta memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. misalnya dapat dilihat dari ragam hias yang diterapkan pada busana adat dan rumah adat masing-masing daerah. munculnya keragaman krya seni rupa di indonesia dipengaruhi oleh beberapa paktor, antara lain tersedianya berbagai jenis bahan, letak geograpis, serta cara menanggapi pengaruh budaya yang datang dari luar . selain itu, masing-masing etnis memiliki tingkat kreativitas yang berbeda-beda dalam menanggapi pengaruh yang datang dari luar.
  Keunikan yang terdapat pada karya seni rupa terapan dapat berupa bahan yang dipakai untuk membuat karya atau teknik pembuatannya. disamping itu, keunikan dari sebuah karya seni rupa juga dapat dilihat dari corak dan bentuknya. contohnya bentuk arsitektur atau seni bangunan rumah setiap daerah di indonesia memiliki corak yang berbeda-beda. bentuk bangunan rumah di indonesia sangat beragam, hampir setiap daerah atau suku memiliki bangunan rumah yang .bentuk konstruksinya berbeda-beda. selain itu, hampir setiap daerah memiliki bentuk tempat air yang berbeda-beda pula. meskipun fungsinya sama yakni sebagai tempat air, tetapi bahan, bentuk dan coraknya berbeda-beda.
 contoh lain adalah seni membatik. batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya indonesia (khususnya jawa) sejak lama. ragam corak dan warna batik saat ini telah dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. awalnya, batik memiliki ragam corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. namun, batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar,seperti para pedagang asing dan akhirnya para penjajah. warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang cina yang juga mempopularkan  corak phoenix. penjajah dari eropa juga sangat berminat terhadap batik dan hasilnya adalah corak bunga-bunga yang sebelumnya tidak di kenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (misalnya, kereta kuda), termasuk warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. batik tradisional tetap mempertahankan corak nya dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat karena biasanya masing-masing. corak memiliki perlambangan masing-masing.
 Keunikan dan keragaman seni rupa terapan di daerah-daerah di nusantara juga ditemukan  pada seni ukir. seni ukir di indonesia semakin berkembang sejak masuknya agama hindu dan budha sekitar abad ke10. seni ukir terlihat dari candi-candi yang didirikan . candi-candi hindu dan budha selalu di hiasi dengan berbagai ukiran. motif dan pola ukiran sangat beragam. tidak hanya pola geometris saja, tetapi terdapat pula motif flora, fauna, manusia serta motif kala.
 Motif atau pola ukir berkembang berbeda-beda disetiap daerah indonesia. hal ini melahirkan ciri khas masing-masing seni ukir daerah tersebut sehingga tercipta motif jepara, bali,madura, minangkabau,irian jaya dan lain sebagainya.
 Ditinjau dari jenisnya ada beberapa jenis ukiran , antara lain ukiran tembus, ukiran rendah, ukiran tinggi dan ukiran utuh. ditinjau dari fungsinya, karya seni ukir memiliki bermacam macam fungsi, diantaranya adalah fungsi hias,magis, simbolik,konstruksi dan ekonomis.

Tidak ada komentar: