Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 09 Juli 2016

Merancang Karya Seni Rupa Terapan




  Sebelum membuat karya seni rupa terapan yang sesungguhnya terlebih dahulu dibuat rancangan atau desain sebagai panduan. berdasarkan rancangan tersebut,selanjutnya karya seni terapan dapat diwujudkan dalam bentuk karya jadi. beberapa pertimbangan yang perlu di perhatikan dalam merancang dan membuat karya seni terapan adalah sebagai berikut.
1. Kegunaan
 Faktor kegunaan dalam seni terapan menempati porsi utama, misalnya pada kendi terdapat leher yang dibuat untuk pegangan saat menuangkan air kedalam gelas. jika tidak diberi leher atau pegangan,benda tersebut menjadi tidak berguna.
2. Kenyamanan
  Karena kegunaan porsi utama, seni terapan mempu.yai unsur kenyamanan. artinya, karya tersebut enak dipakai dan memenuhi fungsinya dengan baik, misalnya tempat kursi harus sesuai dengan ukuran sehingga nyaman untuk diduduki.
3. Bahan dan teknik
  Bahan-bahan yang di gunakan untuk seni terapan harus dipilih sesuai karakteristik benda yang dibuat,misalnya, keramik harus dari tanah liat pilihan agar tidak mudah pecah (retak). pemilihan bahan disesuaikann pula dengan kemampuan teknik penciptaannya.
4. Nilai seni
  Seni terapan sangat di tentukan oleh tampilan keindahannya. jika dikaitkan dengan tujuan komersial (penjualan) selain pertimbangan estetis, perlu juga mengikuti konsumen dan ide kreatif.

  Rancangan karya seni terapan biasanya berupa sketsa bentuk karya seni yang akan dibuat. sketsa boleh digambar dengan diwarnai atau cukup dengan pensil. setidaknya rancangan ini bisa memberi gambaran jelas bentuk/tampilan karya seni yang akan dibuat,sehingga proses pembuatannya pun mudah.

Tidak ada komentar: