B. Periodisasi Seni Lukis Indonesia
1. Seni Rupa Etnis Indonesia
Seperti yang telah di
ketahui, indonesia memiliki kekayaan seni budaya yang sangat beragam. ada beberapa
seni rupa yang menonjol untuk di perhatikan dan di bahas secara lebih khusus, diantaranya
adalah batik,wayang dan keris. ketiga jenis seni rupa ini sangat popular hingga
ke manca negara.
(a). Seni Batik
Usia senibatik
di indonesia telah sangat tua, tetapi belum diketahui secara pasti kapan mulai berkembang
di indonesia, khususnya di jawa. banyak negara, seperti india,cina,thailand dan
malaysia, mengakui bahwa batik berasal dari sana,tetapi dalam kenyataannya , petkembangan
batik yang sangat populer dan mendunia berasal dari indonesia. hal ini di buktikan
dengan di adopsinya istilah batik kedalam bahasa inggris . jejak penggunaan kain
batik ditemukan pada patung dan relief candi-candi. dalam perkembangan penggunaannya
sejak masa di kerajaan di jawa, penggunaan batik menunjukan status kebangsawan dan
ritual yang sedang di selenggarakan. misalnya,untuk motif-motif tertentu seperti
parang barong dan parang rusak hanya boleh di kenakan oleh raja. kemudian, ketika
ada ritual perkawinan, sang pengantin dianjurkan menggunakan batik truntum atau
sidomukti yang memiliki makna harapan positif bagi sang pengantin. namun, saat ini
aturan tradisi tersebut sudah kurang di taati oleh kebanyakan masyarakat.
Jumlah motif batik tidak
terhitung, motif-motif batik memiliki ciri khas ,yaitu hasil dari stilasi dan abstraksi
yang di susun secara acak dan mengikuti prinsip pengulangan, selang-seling dengan
arah diagonal, vertikal ataupun horizontal. dilihat dari gaya dan coraknya, motif
batik di bedakan menjadi dua, yakni motif batik pedalaman dan pesisir.
Batik pedalaman diwakili
oleh surakarta dan yogyakarta warnanya cenderung berat dan gelap yang terdiri atas,biru,putih
dan coklat. bentuk motif merupakan abstraksi dan stilasi lingkungan alam,seperti
motif parang,garuda,hujan,kawung dan sebagainya. batik pesisir warnanya cerah,ringan
dan bebas.
bentuk banyak berupa stilasi dari alam,seperti gunung,awan,burung,tumbuh-tumbuhan,naga
dan kaligragi arab. hal ini diduga banyak mendapat pengaruh dari seni rupa cina
karena kontak perdagangan,terutama didaerah pekalongan.
Kemampuan kreatif menyebabkan
terjadinya suatu perkembagan ,begitu juga yang terjadipada srni batik. pada tahun
1966-1970,seniman-seniman diyogyakarta melakukan eksperimenmenggunakan teknik batik
menjadi srni lukis. pembaharuan ini di pelopori oleh sulardjo, seorang pengusaha
batik yang bekerja sama dengan seniman lainnya,yaitu kuswadji,bagong kusudihardjo,kusanadi,abas
alibasyah, gustami lalu disusul oleh amri yahya;bambang oetoro, dan lain-lainnya.dari
eksperimen mereka,lahirlah motif-motif dan teknik membatik baru. batik tidak hanya
sebagai kain batik yang berpungsi sebagai penutup badan,tetapi berkembang menjadi ekspresi seni ly
ukis batik yang banyak digeluti oleh seniman seni rupa dalam
dan di luar negri.
(b). Wayang
Indonesia
boleh bangga karena mewarisi kesenian wayang yang di akui sebagai warisan peradaban
manusia yang berkualitas tinggi oleh lembaga kebudayaan dunia, Unesco. sama halnya
dengan batik,wayang juga belum diketahui dengan pasti kapan mulainya,siapa pencipta
awalnya,dan dimanatempatnya dilahirkan. ada berbagai pendapat mengenai wayang, ada
yang menduga wayang merupakan hasil seni dan budaya asli indonesia yang berkaitan
dengan dunia para leluhur dan pula yang berpendapat bahwa wayang berasal dari india.akan
tetapi dalam misteri kenyataannya,wayang telah hadir pada relief-relief candi di
jawa timur.
Secara etimologi wayang
berarti bayangan,penamaan ini karena wayang dinikmati melLui bayangannya. jenis
wayang cukup banyak ,tetapi yang populer dimasyarakat adalah wayang kulit dan wayang
golek .wayang kulit terbuat dari lulit binatang khususnya kulit sapi ,dan wayang
golek terbuat dati kayu untuk badabndankepala dan kepala,bahan kain digunakan untuk
pakaiannya. ada beberapa jenis wayang menurut daerahnya antara lain wsyang sunda,wayang
jawa,wayang madura,wayang bali dan wayang sasak. wayang sunda lebih dominan wayang
geknya, sedangkan wayang lainnya yang disebut wayang kulit antara daerah satu dengan
lainnya berbeda dalam ungkapan bentuknya.
wayanv jawa dan madura ukuran bentuknya lebih besar dibandingkan dengan wayang bali dan wayang sasak. wayang bali
sangat mirif dengan relief pada badan candi di jawa timur.
Berdasarkan cerita yang
dilakonkan ,menurut calire Holt wayang dibedakan menjadi tiga jenis ,yaitu wayang
purwa ,wayang gedhog,dan wayang madya. wayang purwa berarti wayang awal atau mula-mula, cerita yang dilakonkan mengambil
cerita hindu yang berasal dari india. cerita atau mitos hindu dibedakan menjadi
empat,yaitu adiparwa, arjuna sasrabahu,mahabrata,dan ramayana. wayang madya berarti
tengah ,mengambil cerita tentang silsilah raja jawa, terutama raja jayabaya dari
kediri,jawa timur. secara tradisional, wayang di fungsikan untuk melakukan ruwatan
atau pembersihan seseorang dari sial dan kemalangan karena waktu kelahirannya atau
kondisi hidupnya. selain itu juga, untuk pembersihan desa jika dirasa terjadi berbagai bencana,hama, dan wabah penyakit. ceritanya
.biasanya dipentaskan untuk ruwatan adalah
murwakala. wayang juga berpungsi untuk mendidik masyarakat dalam hal mmoral dan
agama, serta sebagai hiburan sehingga untuk menjadi seorang dalang harus menguasai
berbagai disiplin dan kemampuan.
(c). Keris
Keris memiliki
sejarah yang panjang dan penyebarannya tidak hanya di jawa, tetapi hampir diseluruh
indonesia, bahkan ke utara hingga pilipina dan ke barat hingga malaysia. bukti autentik
tentang keris terekam pada relief candi penataran dijawa timur pada abad ke 13 dan
candi sukuh pada abad ke 15. keris bagi masyarakat khususnya dijawa dan dibalitidak
hanya berfungsi sebagai senjata, tetapi juga berpungsi sebagai pusaka keluarga yang
diwariskan secara turun temurun. pada zaman kerajaan , keris sangat penting fungsinya
sebagai pusaka kerajaan dan dianggap memiliki kekuatan sakti yang melindungi keluarga raja dan masyarakat. bentuk
keris ada yang bergelombang (luk) dan ada yang lurus, bagian ujung bawah (ganja)
dekat gagang lebih lebar daripada ujung atasnya dan ada yang berhiaskan naga,burung,singa
dan sebagainya. kadang-kadang ada yang diberi hiasan ornamen dengan emas dan permata.
bahan keris terdiri aras campuran jenis logam ,seperti besi,baja,tembaga,nikel ditempa
dan dibentuk menjadi satu kesatuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar