Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 02 Juli 2016

Seni Rupa Etnis Indonesia

B. Periodisasi Seni Lukis Indonesia
1. Seni Rupa Etnis Indonesia
 Seperti yang telah di ketahui, indonesia memiliki kekayaan seni budaya yang sangat beragam. ada beberapa seni rupa yang menonjol untuk di perhatikan dan di bahas secara lebih khusus, diantaranya adalah batik,wayang dan keris. ketiga jenis seni rupa ini sangat popular hingga ke manca negara.
(a). Seni Batik


  Usia senibatik di indonesia telah sangat tua, tetapi belum diketahui secara pasti kapan mulai berkembang di indonesia, khususnya di jawa. banyak negara, seperti india,cina,thailand dan malaysia, mengakui bahwa batik berasal dari sana,tetapi dalam kenyataannya , petkembangan batik yang sangat populer dan mendunia berasal dari indonesia. hal ini di buktikan dengan di adopsinya istilah batik kedalam bahasa inggris . jejak penggunaan kain batik ditemukan pada patung dan relief candi-candi. dalam perkembangan penggunaannya sejak masa di kerajaan di jawa, penggunaan batik menunjukan status kebangsawan dan ritual yang sedang di selenggarakan. misalnya,untuk motif-motif tertentu seperti parang barong dan parang rusak hanya boleh di kenakan oleh raja. kemudian, ketika ada ritual perkawinan, sang pengantin dianjurkan menggunakan batik truntum atau sidomukti yang memiliki makna harapan positif bagi sang pengantin. namun, saat ini aturan tradisi tersebut sudah kurang di taati oleh kebanyakan masyarakat.
 Jumlah motif batik tidak terhitung, motif-motif batik memiliki ciri khas ,yaitu hasil dari stilasi dan abstraksi yang di susun secara acak dan mengikuti prinsip pengulangan, selang-seling dengan arah diagonal, vertikal ataupun horizontal. dilihat dari gaya dan coraknya, motif batik di bedakan menjadi dua, yakni motif batik pedalaman dan pesisir.
 Batik pedalaman diwakili oleh surakarta dan yogyakarta warnanya cenderung berat dan gelap yang terdiri atas,biru,putih dan coklat. bentuk motif merupakan abstraksi dan stilasi lingkungan alam,seperti motif parang,garuda,hujan,kawung dan sebagainya. batik pesisir warnanya cerah,ringan dan bebas.
bentuk banyak berupa stilasi dari alam,seperti gunung,awan,burung,tumbuh-tumbuhan,naga dan kaligragi arab. hal ini diduga banyak mendapat pengaruh dari seni rupa cina karena kontak perdagangan,terutama didaerah pekalongan.
 Kemampuan kreatif menyebabkan terjadinya suatu perkembagan ,begitu juga yang terjadipada srni batik. pada tahun 1966-1970,seniman-seniman diyogyakarta melakukan eksperimenmenggunakan teknik batik menjadi srni lukis. pembaharuan ini di pelopori oleh sulardjo, seorang pengusaha batik yang bekerja sama dengan seniman lainnya,yaitu kuswadji,bagong kusudihardjo,kusanadi,abas alibasyah, gustami lalu disusul oleh amri yahya;bambang oetoro, dan lain-lainnya.dari eksperimen mereka,lahirlah motif-motif dan teknik membatik baru. batik tidak hanya sebagai kain batik yang berpungsi sebagai penutup badan,tetapi berkembang  menjadi ekspresi seni ly
ukis batik yang banyak digeluti oleh seniman seni rupa dalam dan di luar negri.
(b). Wayang




  Indonesia boleh bangga karena mewarisi kesenian wayang yang di akui sebagai warisan peradaban manusia yang berkualitas tinggi oleh lembaga kebudayaan dunia, Unesco. sama halnya dengan batik,wayang juga belum diketahui dengan pasti kapan mulainya,siapa pencipta awalnya,dan dimanatempatnya dilahirkan. ada berbagai pendapat mengenai wayang, ada yang menduga wayang merupakan hasil seni dan budaya asli indonesia yang berkaitan dengan dunia para leluhur dan pula yang berpendapat bahwa wayang berasal dari india.akan tetapi dalam misteri kenyataannya,wayang telah hadir pada relief-relief candi di jawa timur.
 Secara etimologi wayang berarti bayangan,penamaan ini karena wayang dinikmati melLui bayangannya. jenis wayang cukup banyak ,tetapi yang populer dimasyarakat adalah wayang kulit dan wayang golek .wayang kulit terbuat dari lulit binatang khususnya kulit sapi ,dan wayang golek terbuat dati kayu untuk badabndankepala dan kepala,bahan kain digunakan untuk pakaiannya. ada beberapa jenis wayang menurut daerahnya antara lain wsyang sunda,wayang jawa,wayang madura,wayang bali dan wayang sasak. wayang sunda lebih dominan wayang geknya, sedangkan wayang lainnya yang disebut wayang kulit antara daerah satu dengan lainnya berbeda dalam ungkapan  bentuknya. wayanv jawa dan madura ukuran bentuknya lebih besar dibandingkan  dengan wayang bali dan wayang sasak. wayang bali sangat mirif dengan relief pada badan candi di jawa timur.
 Berdasarkan cerita yang dilakonkan ,menurut calire Holt wayang dibedakan menjadi tiga jenis ,yaitu wayang purwa ,wayang gedhog,dan wayang madya. wayang purwa berarti wayang awal  atau mula-mula, cerita yang dilakonkan mengambil cerita hindu yang berasal dari india. cerita atau mitos hindu dibedakan menjadi empat,yaitu adiparwa, arjuna sasrabahu,mahabrata,dan ramayana. wayang madya berarti tengah ,mengambil cerita tentang silsilah raja jawa, terutama raja jayabaya dari kediri,jawa timur. secara tradisional, wayang di fungsikan untuk melakukan ruwatan atau pembersihan seseorang dari sial dan kemalangan karena waktu kelahirannya atau kondisi hidupnya. selain itu juga, untuk pembersihan desa jika dirasa terjadi  berbagai bencana,hama, dan wabah penyakit. ceritanya  .biasanya dipentaskan untuk ruwatan adalah murwakala. wayang juga berpungsi untuk mendidik masyarakat dalam hal mmoral dan agama, serta sebagai hiburan sehingga untuk menjadi seorang dalang harus menguasai berbagai disiplin dan kemampuan.
(c). Keris

   Keris memiliki sejarah yang panjang dan penyebarannya tidak hanya di jawa, tetapi hampir diseluruh indonesia, bahkan ke utara hingga pilipina dan ke barat hingga malaysia. bukti autentik tentang keris terekam pada relief candi penataran dijawa timur pada abad ke 13 dan candi sukuh pada abad ke 15. keris bagi masyarakat khususnya dijawa dan dibalitidak hanya berfungsi sebagai senjata, tetapi juga berpungsi sebagai pusaka keluarga yang diwariskan secara turun temurun. pada zaman kerajaan , keris sangat penting fungsinya sebagai pusaka kerajaan dan dianggap memiliki kekuatan sakti  yang melindungi keluarga raja dan masyarakat. bentuk keris ada yang bergelombang (luk) dan ada yang lurus, bagian ujung bawah (ganja) dekat gagang lebih lebar daripada ujung atasnya dan ada yang berhiaskan naga,burung,singa dan sebagainya. kadang-kadang ada yang diberi hiasan ornamen dengan emas dan permata. bahan keris terdiri aras campuran jenis logam ,seperti besi,baja,tembaga,nikel ditempa dan dibentuk menjadi satu kesatuan.

Tidak ada komentar: