Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Sabtu, 02 Juli 2016

Keunikan pada Karya Seni Kriya


                                       

 Kebanyakan karya seni kriya yang ada di indonesia berupa kerajinan . karya-karya tersebut mempunyai keberagaman dalam bahan,teknik,pembuatan, serta corak atau motif dan kesemuanya tadi menunjukan ciri keunikan masing-masing di setiap daerah. ciri khas yang melekat dari masing-masing daerah ini karena hasil reka ciptanya di turunkan secara turun-temurun, akibatnya karya yang dihasilkan berupa karya seni tradisi yang memiliki pola,corak dan tenik pembuatan yang sama.
  Karya kriya asli bangsa indonesia diantaranya kerajinan gamelan,senjata tradisional,topeng,perkakas dapur,kain batik, dan kerajinan wayang. karya topeng dapat di jumpai di daerah-daerah,seperti di jawa tengah,yogyakarta,jawa timur,jawa barat,bali,lombok,kalimantan dan papua. ragam hias topeng ditiap daerah memperlihatkan ciri khas berbeda satu sama lain. karya - karya tersebut unik sebab hanya terdapat  di indonesia, seperti alat musik gamelan yang merupakan alat musik tradisional indonesia. oleh karena itu,pembuatannya pun juga di indonesia seperti karya kriya seni tradisional antara lain keris dan rencong,  kain batik asli yogyakarta,serta karya kriya wayang kulit.
 Selain karya kriya asli dari indonesia, ada juga jenis karya kriya yang merupakan jenis karya kriya yang dibawa pendatang ke tanah air. akulturasi budaya lokal dan budaya asing yang dibawa dari mancanegara terus berkembang menjadi karya seni rupa yang bercirikan indonesia. sebagai contoh yaitu tenun atau tapis. tradisi membuat kedua jenis karya kriya ini dibawa dari kamboja dan vietnam sekitar abad ke-8.
 Pengaruh terbesar yang dirasakan dari kedatangan bangsa bangsa seperti cina,arab,india dan eropa terhadap karya kriya tekstil terlihat pada corak atau motif yang dihasilkan,antara lain sebagai berikut.
a. motif mega mendung sebagai pengaruh dari budaya cina
b. tradisi menghias kain dengan prada sebagai pengaruh dari budaya india
c. motif kaligrafi arab dipengaruhi budaya dari timur tengah
d. motif putri salju dan cinderella pengaruh dari eropa
e. seni kruistik sebagai pengaruh dari budaya barat (belanda)
   Keunikan karya seni rupa terapan selain tampak pada motif juga tampak pada teknik pembuatannya. beberapa teknik tersebut antara lain sebagai berikut.
a. Teknik cor (cetak tuang)
  Benda-benda dengan tenik cor terbuat dari logam,seperti perhiasan perak,patung perunggu dan perkakas dari bahan logam lainnya.
b. Teknik mengukir
  Teknik mengukir digunakan untuk membuat benda dari kayu,tulang da.n logam,misalnya kusen berukir,bingkai foto, dan topeng.
c. Teknik anyam
  Teknik anyam digunakan untuk membuat berbagai perkakas dari bahan bambu,daun pandan pantai,mendong dan kulit. perkakas anyaman tersebut antara lain tikar,topi,tempat tisu, dan bakul nasi.
d. Teknik tenun
  Teknik tenun digunakan untuk membuat kain tenun,yaitu dengan menjalin benang atau serat secara menyilang.
e. Teknik membatik
  Teknik membatik digunakan untuk membuat bahan pakaian bermotif menggunakan alat yaang disebut canting.
f. Teknik membentuk
  Teknik membentuk digunakan untuk membuat barang-barang seperti gerabah dan keramik dari tanah liat,juga barang-barang dari kayu,misalnya wayang golek.
 Jenis karya seni rupa terapan nusantara berdasarkan bentuknya dibagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut.
a. Rumah adat
  Rumah adat di indonesia mempunyai bentuk yang sangat beragam dan unik tiap daerahnya. keanekaragaman bangunan rumah adat tersebut berdasarkan pada atap,ragam hias,bentuk,dan bahan baku yang digunakan, misalnya rumah gadang dipadang bentuknya memanjang kesamping, dan rumah adat minahasa bentuknya memanjang ke belakang. rumah beratap joglo di jawa, rumah beratap bubungan tinggi di jambi, rumah beratap gonjong di minangkabau,dan rumah beratap limas terpenggal di papua.
b. Senjata tradisional
  Senjata tradisional sekarang beralih fungsi sebagai peralatan untuk bekrja,sebagai perlengkapan acara ritual,perlengkapan pakaian adat,pertunjukan seni tradisional,dan sebagai benda hias.
c. Transportasi tradisional
  Alat transportasi yang masih mempertahankan bentuk dan ciri khas tradisionalnya masih dapat dijumpai di wilayah nusantara,misalnya perahu,kereta kuda,pedati dan becak.
e. Seni kriya
  Bentuk karya seni kriya nusantara sangat beragam,ada yang tetap mempertahankan ragam hias tradisional dan ada pula yang telah dikembangkan sesuai dengan tuntutan pasar. seni kriya dapat di kelompokkan menjDi seni kriya padat,seni kriya tekstil,seni kriya anyaman,dan seni kriya keramik. sebagai catatan bahwa terkadang ada yang menyamakan antara seni kriya dan seni rupa terapan,padahal seni kriya adalah bagian dari karya seni rupa terapan.


Tidak ada komentar: