Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Minggu, 31 Juli 2016

Pengertian MODEM Beserta Fungsinya

 MODEM
 Pengertian Modem
    Alat berikutnya yang masuk dalam kategori macam-macam perangkat keras jaringan komputer adalah modem. adapun pengertian modem yaitu singkatan dari dua kata yang terdiri dari : Modulator dan Demodilator. definisi modulator yakni alat yang bertugas untuk mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu. sedangkan definisi Demodulator yakni kebalikan dari Modulator itu sendiri, dimana tugasnya yaitu sebagai alat yang memproses agar bisa mendapatkan kembali sinyal yang dikirim oleh pengirim. dalam sistem kerjanya, sinyal akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan sinyal yang berupa analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa diterima dengan baik oleh komputer. dari definisi dua kata tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwa pengertian modem adalah alat komunikasi dua arah. dimana biasanya modem menerima rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasi karakteristik sinyal analog agar dapat disalurkan melalui saluran telepon atau cablelines. sedangkan pada si penerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat di baca oleh komputer dan proses ini disebut proses demodulasi.

=> Fungsi Modem
 Sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer yang memiliki peran penting, modem berfungsi sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. berkat modem lah sinyal digital dari komputer dapat di ubah menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon sehingga dapat dipahami oleh kita manusia. proses kebalikannya juga sama, dimana sinyal analog di ubah terlebih dahulu oleh modem menjadi sinyal digital agar dapat di pahami oleh komputer.

 Demikian penjelasan tentang macam-macam perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya. semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar: