Cari Yang Anda Butuhkan

Assalamualaikum

Rabu, 27 Juli 2016

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS PARAGRAF

PARAGRAF

oke gan postingan kali merupakan permintaan dari salah satu pembaca sahabat amburadul45. Blogspot.co.id yaitu mengenai pengertian paragraf dan jenis-jenis paragraf. Oke langsung saja disimak gan

·         Pengertian Paragraf
Paragraf adalah rangkaian kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok/kalimat utama dan beberapa kalimat penjelasan. Kalimat pokok/kalimat utama yaitu kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan sebuah paragraf. Sedangkan kalimat penjelasan yaitu kalimat yang berisi penjelasan dari masalah pada kalimat pokok.

«  Jenis-Jenis Paragraf yang ditinjau dari letak kalimat pokokknya diantaranya sebagai berikut.
1. Paragraf dedukatif yaitu suatu paragraf yang kalimat ide pokoknya berada diawal paragraf.
Contoh : sering membaca merupakan modal utama seseorang untuk menjadi pandai,seseorang yang ingin menguasai ilmu hukum, cukup dengan cara membaca buku-buku hukum. Begitu juga ilmu-ilmu pengetahuan yang lain jika ingin menguasainya, cukup dengan cara membaca buku-buku yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan tersebut.

2. Paragraf induktif yaitu suatu paragraf yang kalimat ide pokoknya terletak diakhir paragraf.
Contoh : seorang yang ingin mengerti atau memahami tentang ilmu kesehatan, cukup dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan kesehatan.begitu juga jika seseorang ingin menguasai ilmu-imlu pengetahuan, cukup dengan cara membaca buku-buku ilmu pengetahuan tersebut. Jadi membaca itu merupakan cara yang paling utama untuk menguasai ilmu pengetahuan.

3. Paragraf campuran yaitu suatu paragraf yang kalimat ide pokoknya terletak diawal paragraf dan ditegaskan kembali diakhir paragraf.
Contoh : sering membaca merupakan modal utama seseorang untuk menjadi pandai. seorang yang ingin mengerti atau memahami ilmu kesehatan, cukup dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan kesehatan. Seseorang yang ingin menguasai ilmu hukum, cukup dengan cara membaca buku-buku hukum. Begitu juga dengan ilmu-ilmu pengetahuan lain jika ingin menguasainya, cukup dengan cara membaca buku-buku ilmu pengetahuan tersebut. Sekali lagi membaca merupakan faktor utama untuk  menguasai suatu ilmu pengetahuan.

«  Jenis-Jenis paragraf ditinjau dari isinya antara lain sebagai berikut.
1. Paragraf eksposisi yaitu paragraf yang isinya memaparkan suatu masalah atau peristiwa.
Kegiatan dalam memeriahkan maulid nabi muhammad saw. Semua siswa di SMK NEGERI 1 PAKISJAYA  mengikuti beragam perlombaan yang diadakan panitia, seperti lomba berpidato, lomba kaligrafi, lomba adzan, lomba busana muslim, dll.

2. Paragraf Deskripsi yaitu paragraf yang isinya menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa dengan kata-kata yang membuat pembaca seolah-olah merasaka dan mengalami langsung peristiwa tersebut.
Contoh : matahari pagi yang telah terbit menandakan pagi telah tiba. Keadaan pagi hari yang sejuk dipenjuru pedesaan. Petani mulai berangkat kesawah dan membawa cangkul menuju persawahan untuk menggarap sawahnya. Para remaja yang sedang berjoging merasakan menikmati pagi hari yang indah ini.

3. Paragraf argumentasi yaitu paragraf yang isinya meyakinkan pembaca sehingga pembaca menerima gagasan penulis.
Contoh : membaca merupakan faktor utama untuk menguasai ilmu pengetahuan. Seorang hakim pasti selalu membaca buku-buku hukum. Sebab tanpa membaca buku hukum ia akan banyak mengalami kesulitan ketika menangani suatu kasus kejahatan.

4. Paragraf Persuasi yaitu paragraf yang isinya membujuk atau memengaruhi pembaca agar mau mengikuti pendapat atau gagasan penulis.
Contoh : membaca merupakan faktor utama menguasai ilmu pengetahuan. Sebab seseorang yang tidak mau membaca buku pasti tidak banyak memiliki pengetahuan. Anak yang pintar misalnya, dia pasti menjadi kutu buku. Tiada hari tanpa membaca baginya.

5. Paragraf Narasi yaitu paragraf yang isinya menceritakan masalah atau peristiwa, sehingga pembaca dapat terhibur atau terharu terhadap peristiwa yang terjadi.
Contoh : pada hari minggu kami berlibur ke pantai pakis karawang. Rombongan kami terdiri dari 2 mobil pribadi kendaraan kami melaju dengan cepat secara beriringan,perjalanan sangat menyenangkan tak seorang pun yang tidak bergembira. Semua sangat bahagia melihat pemandangan pantai pakis ketika kami telah tiba.


Demikian penjelsan mrengenai pengertian dan jenis-jrnis paragraf..  Setelah berkunjung di blog amburadul45.blogspot.co.id jangan lupa komentarnya ya, kami segenap kontributor blog ini membutuhkan kritik dan saran anda demi terus mengembangkan blog ini menjadi lebih baik lagi, baik dari segi tampilan blog atau postingan-postingan kami. 😁😁

Tidak ada komentar: